Kalsel

Tengah Naik Daun, Porang Terus Dikembangkan di Pulau Laut Kotabaru

apahabar.com, KOTABARU – Tanaman porang yang tengah naik daun ini nampaknya bakal terus dikembangkan di wilayah…

Featured-Image
Tanaman Porang mulai dikembangkan di Pulau Laut Kotabaru. Foto: Sutrisno for apahabar.com

bakabar.com, KOTABARU – Tanaman porang yang tengah naik daun ini nampaknya bakal terus dikembangkan di wilayah Pulau Laut, Kotabaru.

Hal tersebut terbukti dari mulai ditanaminya pohon bibit porang di sejumlah titik di Bumi Sa Ijaan. Termasuk, di kawasan wisata Gunung Mamake, Selasa (23/11).

Puluhan ribu pohon bibit porang tersebut merupakan bantuan dari PT Arutmin Indonesia. Sementara, penamanan dihadiri unsur Muspida, Muspika, kelompok tani, dan undangan lainnya.

Sutrisno, Ketua Asuhan Pemberdayaan Porang Indonesia (Aspeporin) Kotabaru, mengapresiasi langkah atau kepedulian Bagian Community Development/Capital Sosial Responsibility PT Arutmin Indonesia Kotabaru.

Perushaan telah memberikan bantuan bibit tanaman porang berupa (bulbil/katak) untuk dibudidayakan atau dikembangkan oleh masyarakat petani. Khususnya, di Desa Gedambaan-Sarang Tiung, Kecamatan Pulau Laut Sigam, Kotabaru.

“Nah, ini bisa menjadi cikal bakal budidaya porang yang berkelanjutan dan intensif di Pulau Laut Kotabaru,” kata Tris, sapaan akrabnya, Selasa (23/11) malam.

Tris menerangkan, review yang berkesan pada seminar nasional porang pada 14 Maret 2020 di Kantor Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Dari sana, setiap tanggal 14 Maret juga telah dicanangkan sebagai hari Porang.

Dikatakannya, kesan lainnya yang cukup bernilai ialah, yang dijelaskan Direktur Jendral Akabi (Aneka Kacang dan Umbi Umbian) Kementerian Pertanian.

Dijelaskan Direktur kala itu, bahwa lewat porang sebagai salah satu umbi umbian dapat mbalikan kejayaan rempah dan pangan nusantara di mata dunia. Tentunya, ketahanan pangan juga turut secara signifikan mendukung ketahanan bangsa, dan negara.

Tris bilang, sudah menjadi kewajaran bahwa, pembangunan memerlukan partisipatif seluruh masyarakat dan komponen bangsa.

Demikian pula dengan membangunan di bidang ketahanan pangan, yang pada gilirannya juga sangat menentukan nasib perjalanan berbangsa dan bernegara.

Diharapkannya, semoga bantuan bibit porang menjadi berkah, dan berguna bagi para petani Porang yang menerima khususnya dan masyarakat pada umumnya.

“Dalam kesempatan ini, kami dari Aspeporin sangat mengapresiasi, dan berterimkasih atas bantuan bibit porang dari Arutmin ini,” pungkasnya.

Turut hadir dalam penanaman porang ini, Dandim 1004/Kotabaru, Letkol Inf Roy Fakhrul Rozi, serta perwakilan Forkopimda, Kepala Dinas Pertanian Kotabaru, Ir Hairudin, Gapoktan, serta undangan.

Selain itu, pihak manajemen PT Arutmin Indonesia NPLCT Efdil H (CDEA Officer) Yogi A.P. Mendra (CDEA Supervisor).



Komentar
Banner
Banner