Iduladha 2023

Tekan Inflasi saat Iduladha, Bulog Samarinda Gelar Pasar Murah

Perum Bulog Samarinda menyiapkan bahan pangan pokok di empat lokasi pasar murah di demi menekan laju inflasi jelang Iduladha. 

Featured-Image
Ilustrasi- Suasana pasar murah antusias warga cukup tinggi untuk membeli barang kebutuhan pokok Foto: Antara

bakabar.com, JAKARTA - Perum Bulog Samarinda Kalimantan Timur menyiapkan bahan pangan pokokdemi menekan laju inflasi jelang Iduladha. Sejumlah komoditas yang disiapkan, di antaranya; beras premium, beras medium, minyak goreng, gula dan tepung terigu di empat lokasi pasar murah di Samarinda.

"Semua bahan pangan pokok tersebut sudah disiapkan dan besok pagi disusun di lokasi pasar murah yang secara serentak digelar di seluruh Indonesia pada Senin-Selasa (26-27/6) dengan tema Gerakan Pangan Murah," ujar Kepala Perum Bulog Kantor Cabang Samarinda Maradona Singal di Samarinda, Minggu (26/6). 

Empat lokasi Gerakan Pangan Murah di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yaitu halaman Kantor Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Provinsi Kaltim, Jalan Basuki Rahmad Samarinda. 

Kemudian, halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Samarinda di Jalan Biola Samarinda, halaman Parkir Kantor Bupati Kutai Kartanegara di Tenggarong, dan di Pendopo Wali Kota Bontang. 

Baca Juga: Pengendalian Inflasi, Kemenkeu: Berkat Terjaganya Harga Bahan Pangan

Gerakan Pangan Murah tersebut diinisiasi oleh Badan Pangan Nasional sehingga dalam pelaksanaannya di daerah dipercayakan kepada instansi terkait, seperti di Provinsi Kaltim yang dilakukan oleh DPTPH Kaltim sebagai koordinator, sehingga lokasi pelaksanaan pun salah satunya di halaman DPTPH Kaltim. 

Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan DPTPH Kaltim Amaylia Dina mengungkapkan gerakan pangan murah digelar untuk menekan laju inflasi jelang Hari Besar Keagamaan Nasional Iduladha.

"Mendekati hari besar keagamaan seperti Idulfitri, Iduladha dan lainnya, harga sejumlah komoditas penting seringkali mengalami kenaikan. Untuk mencegah kenaikan lebih tinggi, kami menggelar pasar murah berupa Gerakan Pangan Murah agar kenaikan harga," kata Dina. 

Dina membeberkan pasokan bahan pangan strategis di Kaltim masih aman dalam beberapa bulan ke depan. Jika persediaan berkurang, DPTPH bersama instansi terkait, distributor, maupun agen akan mendatangkan bahan pangan pokok secara berkala.

Editor
Komentar
Banner
Banner