Sport

Tekad Rodney Goncalves Setelah Resmi Jadi Pelatih Barito Putera

apahabar.com, BANJARMASIN – Resmi jadi pelatih Barito Putera, Rodney Goncalves mulai memimpin latihan Barito Putera di…

Featured-Image
Resmi jadi pelatih Barito Putera, Rodney Goncalves mulai memimpin latihan Barito Putera di Pati, Jawa Tengah, Kamis (22/9). Foto- Official Barito Putera

bakabar.com, BANJARMASIN – Resmi jadi pelatih Barito Putera, Rodney Goncalves mulai memimpin latihan Barito Putera di Pati, Jawa Tengah, Kamis (22/9).

Dalam sesi latihan itu, terlihat Rodney Goncalves begitu antusias memberikan instruksi terhadap 24 pemain yang diboyong Barito Putera ke Pati.

Rodney Goncalves akan memulai debutnya bersama Barito Putera di Liga 1 2022-2023 saat menghadapi Persik Kediri, Kamis (29/9).

Kepada awak media, Rodney Goncalves bertekad akan berusaha keras mengangkat posisi Barito Putera dari zona degradasi Liga 1.

Pelatih asal Brasil ini ingin melakukan pekerjaan yang baik dan mampu membuat suporter bangga.

“Pastinya saya dan tim akan bekerja keras. Kami akan memberikan kesenangan untuk suporter dan keluarga, karena di akhir musim harus membawa Barito Putera di posisi yang lebih baik dari sekarang,” kata Rodney.

Eks pelatih Vasco da Gama U-13, U-17 dan U-20 ini berharap dapat support semua elemen tim.

Tak terkecuali, Barito Mania yang diharapkannya untuk terus mendukung Barito Putera dalam kondisi apa pun.

“Kita harus kerja keras bersama dari rasa sakit. Di samping itu, kita butuh suporter, karena ini tidak mudah, kita harus sama-sama menolong tim, baik dari pemain, pelatih, manajemen dan suporter agar bisa lebih baik,” ujarnya.

Meski jadi pelatih Barito Putera merupakan pengalaman barunya di Liga 1, ia juga bertekad untuk bisa beradaptasi dengan baik.

“Ketika kita datang di tempat baru, kita menghormati segala aspek dalam sepak bola itu, sehingga saya siap bekerja dengan baik,” tandasnya.

Sekilas Tentang Rodney Goncalves

Melihat di laman transfermarkt, Rodney Goncalves memulai debut kepelatihannya bersama tim yang bermain di Campeonato Carloca Serie B1 Brazil, Duque de Caxias.

Namun perjalanan bersama Duque de Caxias terbilang seumur jagung, karena hanya bertahan selama 136 hari atau dari 9 April hingga 26 Agustus 2009.

Dalam periode itu, 20 laga dilewatinya. Hasilnya, Rodney memperoleh 6 kemenangan, 5 imbang dan 9 kekalahan.

Kemudian, sejak Januari 2022, Rodney Goncalves melatih di klub Amazonas FC yang bermain di Campeonato Carloca Serie Serie C atau divisi 3 Liga Brazil.

Pun demikian, masa kepelatihannya di klub tersebut juga terbilang singkat. Hanya 11 pertandingan dari bulan Januari hingga April 2022. Dari semua laga yang dijalani, Rodney berhasil menorehkan 5 kemenangan, 3 imbang dan 3 kekalahan.

Sementara itu, dari situs playmakerstats, Rodney Goncalves sejatinya telah menjadi asisten pelatih sejak 1999, kala ia dipercaya mendampingi pelatih Guilherme Dalla Déa di Timnas Brazil U-17.

Setahun kemudian, Rodney Goncalves menduduki jabatan yang sama di Timnas Jamaika U-20 dan Panama U-20.

Pengalaman ini yang membuat pria kelahiran 12 Januari 1979 itu dipercaya untuk melatih Vasco da Gama U-13, U-17 dan U-20.

Rodney sempat juga dipercaya menjabat asisten pelatih Goias pada 2018, disusul Chapecoense dan Cruzeiro di Serie B Liga Brazil hingga pertengahan 2020.

Usai meninggalkan kursi pelatih Amazonas FC, Rodney menjadi asisten pelatih Timnas El Savador U-20 semenjak Mei 2022, sebelum akhirnya direkrut Barito Putera.

Alasan Barito Putera Tunjuk Rodney Goncalves Jadi Pelatih Meski Baru di Liga 1



Komentar
Banner
Banner