Kalsel

Tebing Longsor di Panaan Tabalong, 1 Rumah Rusak Parah

apahabar.com, TANJUNG – Hujan deras yang turun sepanjang malam tadi di wilayah Panaan, Kecamatan Bintang Ara,…

Featured-Image
Tebing longsor di Desa Panaan Kabupaten Tabalong mengakibatkan 1 rumah rusak dan lainnya terdampak. Foto: Istimewa

bakabar.com, TANJUNG – Hujan deras yang turun sepanjang malam tadi di wilayah Panaan, Kecamatan Bintang Ara, Kabupaten Tabalong mengakibatkan tebing longsor di desa setempat, Kamis (20/1) malam.

Akibat kejadian tersebut , 1 rumah warga di bagian dapur ikut terbawa longsoran hingga berimbas ke bangunan rumah lainnya.

Sekretaris Desa Panaan, A Rizal Saputra, mengatakan dapur rumah warga terdampak berukuran 4×7 meter.

“Akibatnya semua perabot yang ada di sana ikut terbawa longsor dan rusak,” jelasnya kepada bakabar.com, Jumat (21/1) pagi.

Rizal mengatakan, beruntung pada kejadian tersebut, pemilik rumah bernama Marhat bersama keluarganya selamat. Namun kerugian materil diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

“Untuk menghindari kerugian yang lebih besar warga secara bergotong royong menyelamatkan bagian rumah lainnya dengan melakukan pembongkaran,” bebernya.

“Saat ini Marhat bersama keluarganya sudah mengungsi di rumah warga lainnya,” sambung Rizal yang lebih dikenal dengan panggilan Amat Solar ini.

Dia mengatakan, tebing longsor tersebut berada di kawasan padat penduduk, sehingga dikhawatirkan akan terjadi longsor susulan.

Saat ini sudah ada 2 rumah warga lainnya yang terlihat akan ikut terdampak tebing longsor tersebut.

“Ya, ada dua rumah warga yang tongkatnya sudah kelihatan, karena tanahnya juga longsor,” beber Amat Solar.

Amat berharap, Pemkab Tabalong melalui BPBD atau Dinas Sosial bisa meringankan beban warganya yang terdampak tebing longsor tersebut.

“Semoga ada bantuan bagi warga, karena perabotan memasak semuanya rusak,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner