Tak Berkategori

Target Juara Umum MQT, Kader LPTQ Banjar Digodok 2 Bulan

apahabar.com, MARTAPURA – Pemerinrah Kabupaten (Pemkab) Banjar terus menggodok kader qori dan qoriah Musabaqah Tilawatil Qur’an…

Featured-Image
Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Banjar mengelar pembinaan terhadap kadernya, di Gedung Islamic Center KH Anang Djazuli Seman Martapura, Sabtu (19/9). Foto-istimewa.

bakabar.com, MARTAPURA – Pemerinrah Kabupaten (Pemkab) Banjar terus menggodok kader qori dan qoriah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ).

Untuk itu Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Banjar mengelar pembinaan terhadap kadernya, di Gedung Islamic Center KH. Anang Djazuli Seman Martapura, Sabtu (19/9).

Pembinaan peningkatan kapasitas kader ini dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banjar, HM Hilman, dan dihadiri oleh Ketua LPTQ Kabupaten Banjar H Masruri, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Banjar Najwan Noor, Kepala Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Banjar Ikhwansyah serta puluhan kader dan pembimbing.

Sekda Banjar mengatakan MTQ merupakan salah satu bentuk upaya terus mewujudkan rasa kecintaan terhadap Al-Qur'an dan sebagai pedoman dalam menjalani kehidupan.

"Semakin kita menghayati Al-qur'an maka akan semakin terasa kedamaian dan kesejukannya,"ungkapnya.

Adanya pelatihan ini Sekda Banjar berharap agar peserta bisa memanfaatkan dan mengikutinya dengan sebaik-baiknya, guna peningkatan kemampuan yang dimiliki.

"Latih dan asahlah keterampilan anda semua, baik dalam hal tilawah, tahfidz, qiraat, syarhil Qur'an, Fahmil Qur’an, Tafsir Al-Qur’an berbahasa Indonesia, Arab dan Inggris serta kemahiran dalam menulis khaththil Qur'an atau kaligrafi," harapnya.

Sementara Ketua LPTQ Kabupaten Banjar H. Masruri menyampaikan, untuk saat ini ada beberapa cabang lomba MTQ yang tidak bisa diikuti oleh kafilah Kabupaten Banjar, dikarenakan masih kurangnya atau keterbatasan sumber daya manusia (SDM) yang mengisi cabang tersebut. Namun dikatakan bahwa untuk tahun depan akan diupayakan agar bisa terisi.

“Kita berharap pada MTQ akan datang kita akan bisa menjadi juara umum, sementara pada tahun kemarin di Kabupaten Tabalong kita hanya berada pada peringkat II,” katanya.

Pelatihan yang diikuti oleh puluhan kader tersebut rencananya akan berlangsung selama dua bulan ke depan, dengan mengambil dua lokasi, masing-masing di gedung Islamic Center dan Kantor Kemenag Banjar.

Komentar
Banner
Banner