Dishut Kalsel

Tanaman di MH2T Dipasang Barcode

apahabar.com, BANJARBARU – Kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar ke kawasan Miniatur…

Featured-Image
Tim administrasi tanaman melakukan pemasangan tagging tanaman atau barcode di areal MH2T, Sabtu (27/7). Foto-Humas Dishut Prov. Kalsel.

bakabar.com, BANJARBARU – Kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar ke kawasan Miniatur Hutan Hujan Tropika (MH2T) sudah di depan mata.

Menyambut kunjungan itu, tim administrasi tanaman melakukan pemasangan tagging tanaman atau barcode di areal MH2T pada Sabtu (27/7/2019).

Kegiatan yang berlangsung hingga malam hari ini dilakukan di bawah pengawasan tim Pusat Penelitian Pengembangan Hutan (Puslitbanghut) Bogor, Bintoro dan Eddy, yang pada Jumat (26/7) sebelumnya telah melakukan ekspose di kantor Balai Perbenihan Tanaman Hutan (BPTH).

Selain arahan Kadishut Kalsel, Hanif Faisol, tagging atau pemberian scan barcode ini bertujuan agar administrasi pohon dapat terlacak melalui sistem aplikasi qr.code yang tersedia bebas di android (open source).

Pelaksana Teknis MH2T, Raihan mengungkapkan giat ini merupakan suatu langkah maju di MH2T.

“Dengan tersedianya barcode di tiap-tiap pohon inti, maka saat kunjungan nanti ibu menteri atau pengunjung lainnya dapat langsung melakukan scan melalui android-nya. Asal usul serta data tanaman dapat langsung terbaca,” ujarnya.

Perlu diketahui, kunjungan Menteri LHK ini terkait penyerahan hutan kota dari pihak Kementerian LHK kepada Pemprov Kalsel.

Dengan gencarnya persiapan ini, diharapkan acara nanti akan berlangsung sempurna sesuai harapan.

Baca Juga: Sambut Menteri Lingkungan Hidup, Kadishut: Persiapan Sudah 80 Persen

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner