Kalsel

Tanam Ribuan Bibit Pohon di Hari Lingkungan Hidup, Paman Birin Sampaikan Harapan

apahabar.com, BANJARBARU – Saat Polri menggalakkan program peduli lingkungan sekaligus memperingati Hari Lingkungan Hidup Indonesia, aksi…

Featured-Image
Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor bersama jajaran kepolisian melakukan peanaman bibit pohon. Foto-apahabar.com/Nurul Mufidah

bakabar.com, BANJARBARU - Saat Polri menggalakkan program peduli lingkungan sekaligus memperingati Hari Lingkungan Hidup Indonesia, aksi menanam pohon serentak terlaksana di lahan Polda Kalsel, Jalan Aneka Tambang Perkantoran Gubernur, Kecamatan Cempaka, Banjarbaru, Jumat (10/1) pagi.

“Kami mengapresiasi kegiatan penanaman pohon serentak yang dilaksanakan Polri ini, apalagi hari ini 10 Januari 2020 bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Indonesia,” ujar Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dalam sambutannya.

Kegiatan penanaman pohon secara serentak ini diharapkan dapat menguatkan komitmen bersama dalam menuntaskan salah satu program revolusi hijau yaitu program yang akan meningkatkan kualitas lingkungan hidup di Kalimantan Selatan.

“Kita maknai sebagai bentuk antisipasi untuk dalam mengurangi resiko bencana alam seperti banjir maupun tanah longsor” lanjut Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin.

Karena menurutnya semua kalangan harus sadar potensi bencana banjir dan tanah longsor akan menjadi ancaman serius saat musim penghujan tiba.

“Tentunya kondisi ini sangat merugikan karena pada dasarnya bencana alam dapat mengganggu aktivitas sosial dan ekonomi warga, untuk itu kesadaran warga untuk menjaga lingkungan hidup harus kita tingkatkan,” terang Paman.

Apalagi, lanjutnya, selama kurang lebih 3 tahun ini Pemerintah provinsi Kalsel sangat serius untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup melalui gerakan revolusi hijau.

“Berhasil atau tidaknya gerakan ini sangat tergantung pada partisipasi seluruh pihak mulai dari pemerintah di tingkat kabupaten/kota, dunia usaha, lembaga swadaya masyarakat, para aktivis lingkungan dan seluruh masyarakat Kalsel,” imbuhnya.

Untuk itu, Paman Birin bersama TNI-Polri melakukan penanaman 2.930 bibit pohon yang terdiri dari bibit pohon kelengkeng, jengkol, mangga, leci, trembesi dan lain-lain.

Demi menjaga Penghijauan agar terhindar dari bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Juga meningkatkan penghijauan di provinsi Kalsel guna menjaga lingkungan Hidup untuk anak cucu kita.

Untuk diketahui, sebanyak 920 personel TNI – Polri hadir dalam kegiatan menanam 2390 bibit di lokasi tanah polri polda Kalsel. Dengan total bibit yang telah ditanam selama 10 hari kegiatan adalah sebanyak 31.296 bibit.

Baca Juga:Hijaukan Lingkungan, Polres Tanah Bumbu Tanam 8 Ribu Bibit Pohon

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner