Sport

Taklukkan Kamboja, Indonesia ke Semifinal Sebagai Juara Grup A

Timnas Indonesia berhasil menaklukan Kamboja dengan skor tipis 2-1 dalam laga terakhir penyisihan grup A SEA Games 2023 di Stadion Olimpiade, Rabu (20/5)

Featured-Image
Indonesia berhasil lolos sebagai juara grup A usai mengalahkan Kamboja 2-1 di SEA Games 2023. Foto: ANTARA

bakabar.com, JAKARTA - Timnas Indonesia berhasil menaklukan Kamboja dengan skor tipis 2-1 dalam laga terakhir penyisihan grup A SEA Games 2023 di Stadion Olimpiade, Rabu (20/5). 

Laga tersebut menjadikan kebobolan pertama bagi Timnas Garuda di kompetisi se Asia Tenggara tersebut. 

Gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Titan Agung dan Beckham Putra. Sementara Kamboja mampu memperkecil kedudukan berkat gol Sin Sovannmakara

Titan membawa Indonesia unggul 1-0 atas Kamboja pada menit kesembilan. Gol tersebut bermula dari umpan silang Mohammad Haikal dari sisi kiri yang disundul Jeam Kelly.

Akan tetapi undulan Jeam Kelly bisa ditepis kiper Reth Lyheng. Bola muntah kemudian disambar Titan menjadi gol.

Para punggawa garuda muda tampil dominan sejak awal pluit pertandingan dimulai. Anak asuh Indra Sjafri berhasil menekan Kamboja selama babak pertama. 

Meski demikian, Kamboja berhasil menyamakan kedudukan di sisa tambahan waktu babak pertama menit 45+1 lewat sundulan Sin Sovannmakara. 

Kebobolan itu bermula dari sepak pojok Nhean Sosidan ke tiang jauh. Bola disambar Sin Sovannmakara yang tanpa penjagaan pemain Indonesia dan membuat M Adisatryo tidak berkutik. 

Merah putih hampir kecolongan lagi pada menit ke-47 usai hampir kebobolan. Lim Pisoth mendapatkan umpan matang dari lini tengah, namun tendangan kaki kirinya melayang tipis di atas gawang Indonesia. 

Namun hal tersebut tak membuat garuda nusantara lengah. Hal itu terbukti pada menit ke-51 dengan gol yang dicetak oleh Beckham Putra. 

Beckham berhasil menambah skor untuk Indonesia usai meliuk-liuk di di depan kotak penalti Kamboja mengecoh sejumlah pemain lawan.

Saat memiliki posisi ideal menembak, Beckham melepaskan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti.

Tendangan Beckham membentur Seouth Nava, yang mengubah bola masuk ke gawang Kamboja.

Dengan kemenangan itu, timnas indonesia lolos ke semifinal SEA Games 2023 sebagai juara Grup A dengan torehan 12 poin. 

Editor


Komentar
Banner
Banner