Pemkab Balangan

Tak Perlu Repot, Warga Sudah Bisa Bikin Paspor di Balangan

apahabar.com, PARINGIN – Pemkab Balangan gelar pendantanganan kerjasama dengan Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM (Kemenhumham)…

Featured-Image
Wakil Bupati Balangan, H Supiani melakukan layanan pembuatan paspor perdana di Kabupaten Balangan, Senin (13/12). apahabar.com/Hendry.

bakabar.com, PARINGIN – Pemkab Balangan gelar pendantanganan kerjasama dengan Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM (Kemenhumham) Kalimantan Selatan, Senin (13/12).

Penandatangan tersebut dilakukan di halaman eks Kantor Dinas Koperasi dan UMKM, Kabupaten Balangan, yang rencananya akan dijadikan Unit Kantor Kerja (UKK) Keimigrasian.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Selatan (Kalsel), Tejo Harwanto dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Balangan, Sutikno melakukan penandatanganan kerjasama tersebut.

Diketahui dalam kerjasama tersebut Kantor Imigrasi Kelas I Banjarmasin memberikan pelayanan untuk pembuatan paspor di Kabupaten Balangan.

Bupati Balangan, Abdul Hadi, mengatakan kerjasama ini berkat dukungan tim pemerintah daerah dan DPRD Balangan sehingga anggaran berdirinya UKK ada di tahun 2022.

“Semoga evaluasi untuk berdirinya UKK di Balangan tidak lebih satu tahun dan harapan kita mendatang Balangan menjadi tujuan orang datang, banyak investor datang membuka hotel lalu Pendapatan Asli Daerah (PAD) Balangan meningkat,” ucap Abdul Hadi.

Sementara itu, Tejo Harwanto, Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel mengatakan menyambut baik atas kehadiran UKK di Kabupaten Balangan.

“Pelayanan Imigrasi saat ini ada Banjarmasin dan Batulicin serta unit layanan paspor di Rantau, jika tahap evaluasi di Kabupaten Balangan banyak yang membuat paspor, mungkin tidak sampai setahun akan berdiri UKK Imigrasi di Balangan,” sebutnya.

Dia menjelaskan, paspor sangat diperlukan bagi pekerja yang akan bekerja di luar negeri, ataupun yang akan melakukan ibadah dan perjalanan ke luar negeri.

“Warga HSU, HST dan sekitarnya bisa membuat paspor di Balangan jadi tidak jauh – jauh lagi,” ucapnya

Terakhir, Tejo berharap semoga kerjasama ini menjadi kebaikan bagi masyarakat kabupaten Balangan.

Setelah selesai acara, pelayanan pembuatan pasport perdana di Balangan dilakukan oleh Wakil Bupati Balangan, H Supiani dan istri.

img

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel, Tejo Harwanto dengan Sekda Kabupaten Balangan, Sutikno melakukan pendantanganan kerjasama layanan pembuatan pasport di Balangan, Senin (13/12). bakabar.com/Hendry



Komentar
Banner
Banner