Kota Baru

Tak Kalah dengan ASN, Penghasilan Pedagang Sayur ini Setara UMK di Kotabaru

apahabar.com, KOTABARU – Bukan hanya Aparatur Sipil Negara (ASN) atau karyawan perusahaan saja yang punya penghasilan…

Featured-Image
Salim tetap bersemangat menjajakan sayuran demi mencukupi keperluan hidup keluarga di pusat Kotabaru. Foto-apahabar.com/Masduki.

bakabar.com, KOTABARU – Bukan hanya Aparatur Sipil Negara (ASN) atau karyawan perusahaan saja yang punya penghasilan di atas rata-rata.

Penghasilan pedagang sayur segar di Kotabaru, Salim, juga tak kalah dengan ASN atau karyawan perusahaan.

Pria 30 tahun asal Amuntai itu menjajakan sayurannya menggunakan motor Yamaha Jupiter Z. Memasuki gang-gang kecil, setiap hari dia mendatangi pembeli atau warga yang memang sudah menjadi langganannya.

Aktivitas itu dia lakukan dari pagi sampai siang. Sayangnya selama pandemi, penghasilannya agak menurun.

“Iya, kalau musim pandemi seperti ini penghasilan saya menurun. Tapi, saya tetap harus jualan demi menafkahi keluarga di rumah dan bayar kontrakan,” ujar Salim, dijumpai bakabar.com, Senin (13/12) pagi.

Salim juga sedikit bercerita lika-likunya sebagai pedagang sayur. Pertama, dia harus bangun lebih pagi setiap hari untuk belanja di pasar subuh. Belanjaan itu dia kemas untuk kemudian dijajakan.

Selanjutnya, mulai pukul 7.30 WITA, Salim mulai start berjualan hingga siang pukul 13.00 atau 14.00 WITA.

“Biasanya saya berangkat dari setengah delapan sampai jam satu atau jam dua siang sudah habis, dan pulang ke rumah,” ucap Salim.

Meski demikian, pria yang masih kental dengan logat Amuntai ini sempat malu-malu saat ditanya penghasilannya perhari. Tapi kemudian dia bersedia membeberkan angkanya.

Hasilnya ternyata cukup fantastis. Bahkan, jika dihitung per bulan, penghasilannya sama dengan Upah Minimum Kabupaten (UMK) di Kotabaru yang ditetapkan Gubernur Kalsel November tadi senilai Rp3.048.796.

“Kalau penghasilan saya per hari cukup saja buat keluarga dan bayar kontrakan. Biar sedikit tapi halal, dan berkah untuk keluarga. Rata-rata, sehari itu saya dapat untung Rp100 ribu lebih,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner