Pemkab Tabalong

Tahun Ini,  PUPR Tabalong Kembali Lanjutkan Pembangunan Jaringan dan Saluran Irigasi

Tahun ini Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kembali melakukan pembangunan jaringan irigasi permukaan

Featured-Image
Kasi Rehabilitasi dan Operasional Sarana Prasarana SDA pada Dinas PUPR Tabalong, Widya Rahmawati. Foto -Dokumen pribadi Widya.

bakabar.com, TANJUNG - Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kembali melakukan pembangunan jaringan irigasi permukaan dan saluran irigasi. Pekerjaan fisiknya di antaranya berlokasi di Desa Suriyan, Kecamatan Haruai. Pujung Desa Bintang Ara, Kecamatan Bintang Ara.

"Kemudian, Desa Ampukung, Desa Paliat, Kecamatan Kelua dan Desa Mantuil Kecamatan Muara Harus," kata Kabid Sumber Daya Air (SDA) pada Dinas PUPR Tabalong, Iwan Rumaidi, melalui Kasi Rehabilitasi dan Operasional Sarana Prasarana SDA, dihubungi, Selasa (28/2).

Kata Widya, pihaknya juga akan membangun pintu air di Desa Ampukung, Kecamatan Kelua, di Desa Sungai Rukam 2 di Kecamatan Pugaan dan di Desa Masingai Kecamatan Haruai.

"Di tahun ini juga kita akan membangun tanggul di Desa Hayup, Haruai dan di Desa Bangkiling, Banua Lawas," bebernya.

Selain kegiatan tersebut, di tahun ini juga Bidang SDA Dinas PUPR juga mengerjakan sejumlah rehab saluran dan rehab pintu air.

Lokasinya di Desa Muang, Desa Kupang Nunding Kecamatan Muara Uya dan di Desa Namun Kecamatan Jaro.

"Saluran Irigasi di sana kondisinya rusak parah, sehingga segera kita tangani di tahun ini," sebut Widya.

"Sedangkan untuk rehab pintu air di Sungai Pimping Kecamatan Tanjung di Desa Banua Rantau Kecamatan Banua Lawas," imbuhnya.

Menurut Widya, semua kegiatan tersebut merupakan usulan pada musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) tahun 2022.

"Sebagian lagi merupakan usulan dari pokok pikiran (pokir) DPRD Tabalong dan program SDA," kata Widya.

"Semua kegiatan-kegiatan tersebut masih dalam proses lelang. Biayanya bersumber dari APBD Kabupaten Tabalong," tandasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner