Pemkab HSS

Tahun Baru Islam di HSS, TGH Syairazi: Hikmah Hijrah

apahabar.com, KANDANGAN – Peringatan tahun baru Islam 1 Muharam 1443 Hijriah di Kabupaten Hulu Sungai Selatan…

Featured-Image
Peringatan tahun baru Islam 1443 Hijriah digelar Pemkab HSS secara sederhana, Selasa (10/8). Foto-apahabar.com/Istimewa

bakabar.com, KANDANGAN – Peringatan tahun baru Islam 1 Muharam 1443 Hijriah di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) digelar sederhana, Selasa (10/8).

Acara dilaksanakan secara virtual di Mushala Pondok Pesantren (Ponpes) Dalam Pagar Kandangan.

Kegiatan zikir, doa dan munajat bersama ini mengusung tema untuk keselamatan dan keberkahan Banua Hulu Sungai Selatan.

Bupati HSS Achmad Fikry, Ketua DPRD HSS Akmad Fahmi, Kapolres HSS AKBP Sugeng Priyanto bersama Forkompinda, Pimpinan BUMN dan BUMD, MUI, alim ulama hingga Kepala Desa turut hadir dalam acara tersebut.

Tuan Guru Haji atau TGH Ahmad Syairazi, Pimpinan Ponpes Raudhatul Ghanna An Nabawiyah Dalam Pagar Kandangan, bertindak memimpin doa awal tahun umat muslim.

Dalam tausiahnya, TGH Ahmad Syairazi menyampaikan hikmah hijrah dalam bulan Muharam yang pertama adalah untuk selalu bersyukur kepada Allah.

“Allah ingin melihat bagaimana keimanan, ketaqwaan dan tawaqal kita disertai dengan Ikhtiar, sebagaimana Rasulullah mengatakan dalam hadist,” ujar Guru Syairazi.

Ia menyampaikan pesan Rasulullah, perkara orang yang beriman itu selalu menakjubkan dan luar biasa karena apabila mendapat nikmat sekecil apapun dia bersyukur, apabila ketika mendapat cobaan dari Allah menghadapi dengan sabar.

“Rasulullah mengatakan pondasi iman ada dua, pertama syukur dan kedua sabar,” imbuhnya.

Bupati Achmad Fikry mengatakan tradisi peringatan tahun baru Islam sudah dilakukan sejak lama, sebelum pandemi Covid-19.

Tiap acara, dikumandangkan salawat dan zikir setiap tahun yang dilaksanakan di lapangan Lambung Mangkurat.

“Sejak tahun 2020 dimasa pandemi Covid-19 sampai sekarang dilakukan secara sederhana,” kata Achmad Fikry.

Pemkab HSS mengucapkan terima kasih kepada Ponpes Dalam Pagar yang telah mengijinkan peringatan tahun baru Islam.

“Mudah-mudahan dengan zikir dan doa, pandemi Covid-19 yang selama ini melanda segera cepat berlalu,” harap Achmad Fikry.

Selain itu, masyarakat juga diharapkan patuh dan mengikuti protokol kesehatan sebagai upaya ikhtiar mencegah, menekan penyebaran Covid-19.

“Kita beriktiar dan berdoa semoga HSS tidak bergeser menjadi PPKM Level IV, yang tentu saja akan menyulitkan masyarakat dan kita semua,” pungkasnya.

Komentar
Banner
Banner