Pemkab Tabalong

Tabalong Raih Penghargaan Pemda Berstatus Universal Health Coverage

Pemerintah Kabupaten Tabalong mendapat penghargaan dari Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin.

Featured-Image
Sekda Tabalong Hj Hamida Munawarah, berfoto dengan Mendagri M Tito Karnavian, setelah menerima penghargaan. Foto-Kominfo Tabalong

bakabar.com, TANJUNG - Pemerintah Kabupaten Tabalong mendapat penghargaan dari Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin.

Penghargaan diberikan atas dukungannya terhadap Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-‎KIS) sebagai program strategis nasional dengan mendorong  terwujudnya cakupan kesehatan semesta ‎atau Universal Health Coverage(UHC) di Indonesia.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin, kepada Sekda Tabalong Hj Hamida Munawarah bersama  22 provinsi dan 334 kabupaten dan kota.

Saat menyerahkan penghargaan, Wapres KH Ma'ruf Amin didampingi Menteri Koordinator Bidang ‎Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ,Muhadjir Effendy, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin dan ‎Menteri Dalam Negeri (Mendagri),M Tito Karnavian.

Dalam Kesempatan tersebut,Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti mengatakan, BPJS ‎Kesehatan bekerja keras melakukan  berbagai advokasi kepada Pemerintah Daerah agar seluruh ‎penduduk di masing-masing wilayah dapat dintegrasikan dengan Program JKN-KIS.‎

‎BPJS Kesehatan juga berupaya memperluas akses layanan kesehatan tersebut dengan ‎bekerja sama dengan fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun tingkat lanjutan (rumahsakit).

"BPJS Kesehatan mendorong Kementerian dan Pemda terkait dalam hal pemenuhan sarana dan ‎prasarana di daerah agar mutu layanan kesehatan dapat dirasaka ,di manapun peserta itu berada‎‎,” kata Ghufron.‎

Ghufron bilang Pemkab Tabalong sukses  mencapai cakupan semesta ‎jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage (UHC). 

Terhitung hingga Maret 2023, lebih dari 95 persen ‎dari total jumlah penduduk sebanyak 255.172 jiwa di Kabupaten Tabalong telah terdaftar sebagai ‎peserta Program JKN-KIS.

"Ini artinya hampir seluruh warga masyarakat di Tabalong telah memiliki payung ‎perlindungan untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan," ungkap Ghufron. 

Dengan telah tercapainya UHC di Kabupaten Tabalong, maka fasilitas kesehatan juga harus kian ‎optimal dalam melayani.

"Ke depan kami akan terus memastikan seluruh penduduk Tabalong tetap ‎terjamin akses layanan kesehatan melalui Program JKN-KIS," pungkasnya*

Editor


Komentar
Banner
Banner