Kalsel

Susul Tanbu, Giliran 3 Pasien Tapin Sembuh dari Covid-19

apahabar.com, RANTAU – Menyusul Tanah Bumbu (Tanbu), tiga warga asal Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan dilaporkan telah…

Featured-Image
Ilustrasi perawat sedang mengawasi pasien isolasi di ruang monitoring, SKB Dinas Pendidikan Rantau. Foto-apahabar.com/Fauzi Fadilah

bakabar.com, RANTAU – Menyusul Tanah Bumbu (Tanbu), tiga warga asal Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan dilaporkan telah sembuh dari Covid-19.

Tiga orang atau pasien itu dinyatakan sembuh setelah melakukan perawatan di Balai Diklat Ambulung, Banjarbaru.

Kabar itu tersiar dari laporan Gugus Tugas Covid-19 Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Kalsel, Sabtu, (30/5) sore tadi.

Dengan pengurangan tiga pasien, jumlah kasus terkonfirmasi positif asal Tapin menjadi 37 kasus.

Kepada Dinas Kesehatan Tapin, Alfian Yusuf menjelaskan

pasien sembuh itu RTU-5 umur 22 tahun jenis kelamin laki laki, dan RTU-7 (20) perempuan, keduanya warga Kecamatan Binuang, dan RTU-10 (50) laki-laki, warga Kecamatan Salam Babaris.

Hari ini, ketiganya sudah dijemput oleh pihak Dinas Kesehatan, puskesmas dan keluarga pasien.

“Mereka kembali ke rumah masing-masing hari ini juga,” ujar Alfian kepada bakabar.com, saat dikonfirmasi melalui telepon genggam, Sabtu, (30/5) pukul 20.00 tadi.

Selanjutnya, 3 alumnus Ambulung itu dianjurkan isolasi di rumah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

“Kalaunya untuk menularkan ke orang lain itu tidak mungkin lagi, karena mereka kan sudah dinyatakan negatif. Jadi tujuan isolasi itu agar terhindar dari virus yang lain mengingat mereka baru sembuh,” ujar Alfian.

Alfian berharap tak ada penolakan dari masyarakat terhadap kepulangan mereka.

“Untuk warga ataupun tetangga eks pasien Covid-19 untuk menerima karena mereka kembali. Mereka sudah dinyatakan sembuh oleh pihak yang berwenang, pemeriksaan dengan motode yang sangat sahih, menyatakan mereka sudah sembuh,” ujarnya.

Data dari Alfian, sekarang warga Tapin terkonfirmasi positif Covid-19 yang dirawat berada di RS Datu Sanggul Rantau 3 orang, RS Brigjend H Hasan Basry Kandangan 3, RS Ansari Saleh 3, RS Ulin Banjarmasin 1, RS Idaman Banjarbaru 1 dan Balai Diklat Ambulung Banjarbaru tersisa 26.

Dari catatan bakabar.com, RTU-5 dan RTU-7 setelah dinyatakan positif mereka langsung dibawa ke Ambulung, Minggu, 3 Mei lalu.

Sementara RTU-10 pada Kamis, 14 Mei lalu.

Selaku Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tapin, Alfian mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim yang bertugas di Balai Diklat Ambulung yang telah merawat warga Tapin yang dirawat di sana.

“Kami, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak di rumah isolasi berkelompok di Balai Diklat Ambulung Banjarbaru. Kepada Kepala Dinas Kesehatan, Sekretaris Dinas Kesehatan, Dokter Hera dan Tim Dokter dan Perawat di Ambulung Banjarbaru telah melayani warga kitahingga sembuh,” ucap Alfian.

Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner