Pemilu 2024

Survei SPI: Elektabilitas Prabowo Unggul atas Ganjar dan Anies

Elektabilitas Prabowo terus meningkat seiring dengan endorsemen yang diberikan Jokowi. Ia dianggap bisa meneruskan pembangunan sang presiden.

Featured-Image
Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mengeluarkan hasil survei mengenai Calon Presiden Prabowo Subianto dinilai unggul hampir di semua pemilih partai politik dibanding dengan Capres lainnya. Foto : Apahabar.com (Andrew Tito)

bakabar.com, JAKARTA - Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto berhasil unggul dalam simulasi head-to-head melawan bakal calon presiden PDIP Ganjar Pranowo. Tingkat elektabilitasnya mencappai 52,3 persen.

Dari hasil survei Survei Polmatrix Indonesia (SPI), elektabilitas Ganjar tertinggal dengan selisih hampir 20 persen, yakni 34,0 persen, dan sisanya 13,7 persen menyatakan tidak tahu/tidak jawab.

“Dalam simulasi head-to-head dua nama capres, Prabowo unggul telak terhadap Ganjar dengan selisih hampir 20 persen,” ujar Direktur Eksekutif Polmatrix Indonesia Dendik Rulianto dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (8/2).

Dalam simulasi tiga nama capres, Prabowo unggul dengan elektabilitas 40,7 persen dan Ganjar 33,2 persen, sedangkan Anies tercecer sebesar 16,8 persen, dan sisanya 9,3 persen menyatakan tidak tahu/tidak jawab.

Baca Juga: Survei Indikator: Prabowo Kantongi Suara Generasi Z hingga Milenial

Menurut Dendik, peta kontestasi Pilpres kini semakin didominasi dua nama paling atas, yaitu Prabowo dan Ganjar. Prabowo maupun Ganjar menjadi sasaran migrasi pemilih yang mendukung nama-nama capres lainnya dalam simulasi banyak nama.

Prabowo mendapatkan limpahan terbesar dukungan, disusul oleh Ganjar, sedangkan Anies hampir tidak bisa menarik dukungan, hanya bertambah 2 persen. Sebab, visi perubahan yang digaungkan Anies praktis tidak bisa diterima oleh mayoritas pemilih.

“Koalisi Perubahan tak kunjung deklarasi resmi bersama, dan terus mengulur-ulur waktu untuk mengumumkan cawapres,” katanya.

Bahkan, koalisi pengusung Anies tersebut terancam pecah jika cawapres yang diputuskan tidak disetujui masing-masing partai. NasDem dan Demokrat kerap bersitegang soal nama-nama cawapres, termasuk dengan Anies sendiri ketika menambah kriteria calon pendampingnya.

Baca Juga: Prabowo Subianto Unggul di Semua Parpol Versi Denny JA

Sementara itu ketika dikerucutkan dalam dua nama, suara dukungan terhadap Anies kebanyakan mengalir ke Prabowo, di mana tambahan elektabilitasnya mencapai 11 persen. Ganjar hampir tidak mendapatkan tambahan, dan sisanya mungkin tidak menjawab.

“Strategi cawe-cawe Jokowi yang kini mengarah pada dukungan terhadap Prabowo memberikan efek elektoral, dengan berpeluang menjadi tujuan terbesar migrasi pemilih nama-nama capres yang lain,” jelas Dendik.

Sikap Jokowi yang ikut cawe-cawe dalam Pilpres mendatang didasarkan pada kepentingan untuk memastikan pemimpin nasional berikutnya bakal melanjutkan program yang sudah diletakkan pondasinya dalam dua periode masa jabatan.

Baca Juga: Said Iqbal Semringah Diingat Dukung Prabowo di Pilpres 2014 dan 2019

Prabowo dinilai lebih strategis untuk bisa merealisasikan kepentingan Jokowi dalam menjamin keberlanjutan ketimbang Ganjar. Kemudian, basis pemilih Prabowo beririsan dengan Anies, di mana Prabowo pernah dua kali menjadi rival Jokowi dan berada di kubu oposisi.

Ganjar yang diusung PDIP terbatas segmen dukungannya pada pemilih kuat Jokowi, karena tidak bisa memperbesar dukungan lebih luas, apalagi menggerus basis pemilih Anies.

Survei Polmatrix Indonesia dilakukan pada 15 hingga 21 Juli 2023 kepada 2.000 responden mewakili 34 provinsi. Metode survei adalah multistage random sampling (acak bertingkat) dengan margin of error survei sebesar ±2,2 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Editor


Komentar
Banner
Banner