Kalsel

Sungai Cantung Kotabaru Meluap, Air Menggenangi Permukiman Warga

apahabar.com, KOTABARU – Tingginya intensitas hujan, mengakibatkan Sungai Cantung, Desa Sungai Kupang, Kecamatan Kelumpang Hulu, Kotabaru…

Featured-Image
Kondisi bantaran Sungai Cantung, Kotabaru yang terimbas genangan. Foto-Istimewa

bakabar.com, KOTABARU - Tingginya intensitas hujan, mengakibatkan Sungai Cantung, Desa Sungai Kupang, Kecamatan Kelumpang Hulu, Kotabaru meluap, Kamis (20/5). Air sudah menggenangi pemukiman warga yang berada bantaran rendah.

Saijul Kurnain, warga setempat mengakui debit air sungai naik sejak kemarin, Rabu (19/5). "Hari ini naik lagi, dan meluap sampai menggenangi pemukiman warga beberapa desa di Kelumpang Hulu," ujar tokoh pemuda Cantung ini.

Saijul bilang, terdapat sejumlah titik yang terimbas luapan air Sungai Cantung. Di antaranya, kawasan bantaran sungai yang berada di dataran rendah, pasar Cantung, hingga kawasan kubah Guru Cantung.

Selain itu, bantaran di Desa Karang Payau, Kecamatan Kelumpang Hulu pun terimbas luapan air Sungai Cantung.

“Kalau di bantaran Sungai Cantung memang tidak terlalu parah, ketinggian semata kaki, dan ada yang selutut orang dewasa. Tapi, kalau kawasan bantaran Karang Payau, kendaraan tak bisa melintas,” terangnya.

Sebelumnya, Bupati Kotabaru Sayed Jafar mengimbau agar masyarakat Kotabaru meningkatkan kewaspadaan menghadapi musim penghujan.

“Bagi masyarakat harus tetap waspada di musim hujan ini. Utamanya, warga yang berada di bantaran sungai, atau rawan banjir,” pinta Sayed baru tadi.

Meski begitu, Sayed memastikan daerah akan melakukan penanganan sigap apabila terjadi bencana banjir.

“Kami, akan sigap apabila ada banjir. Tapi, semoga itu tidak terjadi, dan hujan menjadi berkah untuk warga, dan tidak ada kemarau di Kotabaru,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner