Sport

Sulit Bikin Peluang, Barito Putera Dibungkam Persik di Brawijaya

Meski unggul penguasaan bola, Barito Putera takluk di tangan Persik Kediri dalam lanjutan Liga 1 musim 2023/2024 di Stadion Brawijaya, Rabu (28/2) sore.

Featured-Image
Aksi Murilo Mendes dalam pertandingan Barito Putera versus Persik Kediri di Stadion Brawijaya, Kediri Rabu (28/2). Foto: Barito Putera Officia

bakabar.com, KEDIRI - Meski unggul penguasaan bola, Barito Putera takluk di tangan Persik Kediri dengan skor 1-3 dalam lanjutan Liga 1 musim 2023/2024 di Stadion Brawijaya, Rabu (28/2) sore.

Pertandingan sejak menit pertama cenderung dalam tempo lambat. Persik Kediri lebih banyak menunggu, lalu sesekali melakukan serangan balik.

Akan tetapi serangan balik Persik tidak begitu efektif, lantaran terlalu mengandalkan Kelly Sroyer yang bergerak di kiri lapangan.

Sedangkan Barito Putera yang unggul penguasaan bola, kesulitan mendapatkan ruang di sepertiga akhir tuan rumah.

Posisi antarpemain yang cukup jauh, terutama di barisan gelandang serang dan depan, juga menyulitkan Laskar Antasari membuka pertahanan Persik Kediri.

Bahkan tiga kesempatan tendangan sudut beruntun di menit 29, tidak mampu dimaksimalkan Barito untuk memecah kebuntuan.

Sementara Persik sempat memperoleh peluang bagus di menit 31 melalui sepakan jarak jauh Yusuf Meilana. Namun si kulit bundar masih sedikit menyamping dari sasaran.

Peluang emas juga diperoleh Barito di menit 39 melalui counter attack yang diinisiasi Gustavo Tocantins.

Namun Murilo Mendes yang mendapatkan bola terakhir di kotak penalti, gagal mengarahkan bola dengan baik. Sepakan pemain kelahiran Brasil ini dapat diblok Hamra Hehanusa.

Justru di menit 43, Hamra Hehanusa yang membawa Persik Kediri memimpin. Dalam set piece tendangan sudut yang diambil Ze Valente, Hamra berada di tiang jauh untuk menyundul bola ke gawang.

Selepas turun minum, Persik nyaris menggandakan keunggulan di menit 50, seandainya sepakan Kelly Sroyer gagal diblok kiper Ega Rizky.

Sebelumnya Kelly berlari sendirian mengejar tendangan gawang yang Dicky Yusron. Selanjutnya di kotak penalti, gelandang sayap ini sempat mengecoh Renan Alves.

Berusaha mengubah permainan, Barito melakukan dua pergantian sekaligus di menit 60. Devid Silva dan Rizky Pora masuk menggantikan Bagus Kahfi dan Hasim Kipuw.

Namun 9 menit berselang, Persik Kediri berhasil menggandakan keunggulan melalui pemain pengganti Mohammad Khanafi.

Gol berawal dari serangan balik yang diarancang Ze Valente. Bola lantas dioper kepada Flavio Silva di kanan kotak penalti.

Kemudian bola beralih ke kiri untuk disundul Faris Aditama ke gawang, tetapi dapat diblok Ega Rizky. Selanjutnya rebound dari blok ini mampu dijangkau Khanafi menjadi gol.

Memasuki menit 77, Khanafi mencetak gol kedua dalam pertandingan tersebut. Kembali Faris Aditama berperan dengan umpan tarik di kotak penalti, setelah lolos dari jebakan offside.

Barito Putera bisa memperkecil ketertinggalan di menit 80 melalui sundulan Bayu Pradana. Kapten Barito ini menyundul umpan tendangan bebas Rizky Pora dari kiri lapangan.

Kekalahan membuat Barito tetap di peringkat kedelapan klasemen sementara dengan 34 poin. Usaha menuju zona championship series pun semakin sulit.

Pun Persik masih menempati urutan keenam dengan 40 poin. Namun mereka hanya tertinggal 2 poin dari Bali United di posisi akhir zona championship series.

Editor
Komentar
Banner
Banner