Kalsel

Sulbar Adopsi Sistem Pembinaan Atlet Kalsel

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemprov Sulawesi Barat (Sulbar) mantap mengadopsi sistem pembinaan atlet Kalsel. Untuk itu, mereka…

Featured-Image
Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyerahkan bonus atlet asal Kalsel yang meraih prestasi pada Asian Para Games (APG) 2018, akhir tahun lalu. Foto-Media Indonesia

bakabar.com, BANJARMASIN – Pemprov Sulawesi Barat (Sulbar) mantap mengadopsi sistem pembinaan atlet Kalsel. Untuk itu, mereka siap menjiplak aturan daerah setempat.

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulbar, Muhammad Hamsih, prestasi atlet asal Banua saat Pekan Olahraga Nasional (PON) di Sumedang, Jawa Barat lalu, terbilang memuaskan.

“Prestasi para atlet jadi pemicu kami datang ke Kalsel,” Katanya, Kamis (4/7)

Pengelolaan anggaran untuk para atlet mesti diperhatikan dan Kalsel punya payung hukum untuk hal tersebut.

Selain itu, regulasi pendanaan yang tidak hanya bergantung pada pemerintah provinsi juga menjadi bahan rancangan peraturan daerah di Sulbar.

“Poin yang juga penting, mendorong keterlibatan pihak ketiga, baik, pemerintah daerah kabupaten, bank, dan para pengusaha daerah,” ucapnya.

Dalam rombongan tersebut pemerintah Provinsi Sulbar juga ditemani Komisi IV DPRD Provinsi Sulbar.

Ketua Komisi IV DPRD Sulbar Arman Salimin mengatakan salah satu poin yang bisa ditiru adalah kriteria atau klasifikasi tingkatan olahraga madya dan utama yang tentunya dapat lebih fokus dalam melakukan pembinaannya.

"Kalau semua cabang olahraga itu dianggarkan pun pasti tidak akan cukup dananya. Maka memang sangat bagus kalau dibuatkan klasifikasinya sehingga dapat lebih fokus," kata Arman Salimin.

Sementara itu, mewakili Komisi IV DPRD Kalsel Iskandar Zulkarnaen mengatakan Provinsi Sulbar, melakukan studi ke Kalsel untuk membuat Perda keolahragaan.

Beberapa yang Sulbar gali lanjut Iskandar, antara lain, adalah cara memperoleh pendanaan untuk cabor-cabor, dan juga menyangkut pembinaan atlet-atlet, apakah ditangani oleh Dispora atau KONI.

Baca Juga: Arraudah Qurratu Ainie: Dari Atlet Basket hingga Putri Pariwisata Kalsel 2019

Baca Juga: Tak Ada Anggaran untuk Try Out Atlet PON Kalsel

Baca Juga: Dishut Kalsel Gelar Ujian Kenaikan Sabuk Karate

Baca Juga: Pengurus KONI HSS Dilantik

Reporter: Rizal Khalqi
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner