Permasalahan Kulit

Stretch Mark Mengganggu? Begini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Guratan garis putih atau stretch mark sering terasa mengganggu penampilan, terutama di bagian-bagian yang terlihat.

Featured-Image
Kenali apa itu stretch mark.

apahabar, JAKARTA – Guratan garis putih atau stretch mark sering terasa mengganggu penampilan, terutama di bagian-bagian yang terlihat.

Stretch mark merupakan permasalahan kulit yang biasa dialami oleh ibu hamil, anak remaja, hingga laki-laki.

Menurut American Academy of Dermatology Association (AAD), stretch mark merupakan jenis luka yang muncul ketika kulit mengalami peregangan atau penyusutan dengan cepat.

Perubahan yang terjadi secara mendadak menyebabkan kolagen tidak bisa menopang kulit. Kolagen merupakan protein yang membuat kulit lebih elastis.

Stretch mark terlihat seperti guratan atau garis panjang yang timbul pada kulit yang dapat terjadi di perut, paha, pinggul, payudara, lengan atas, dan punggung bawah.

Meskipun tidak berbahaya, penyakit ini dapat memudar seiring berjalannya waktu atau dengan bantuan produk dan prosedur tertentu.

Penyebab Stretch Mark

Menurut WebMd, ada beberapa penyebab seseorang mengalami stretch mark, seperti:

- Pertumbuhan berat badan yang cepat

- Pertumbuhan masa kanak-kanak yang cepat selama masa pubertas

- Kehamilan

- Operasi implan payudara

- Penambahan massa otot karena olahraga

- Mengalami sindrom marfan, penyakit genetik yang melemahkan serat kulit

- Mengalami sindrom Ehlers-Danlos (EDS)

- Memiliki jumlah steroid dalam jumlah tinggi

“Stretch mark sering muncul berwarna coklat kemerahan, coklat tua, merah, ungu, atau merah muda, tergantung pada warna kulit. Mereka bisa sedikit terangkat dan sering terasa gatal. Seiring waktu, stretch mark memudar menjadi bekas luka keputihan-abu-abu dan meresap ke dalam kulit,” ujar Carrie Madormo melansir dari VeryWell Health.

Cara Menghilangkan Stretch Mark

Meskipun banyak krim, losion, hingga gel dengan klaim dapat mengatasi stretch mark nyatanya tidak bisa berhasil bagi semua orang.

Jika ingin mencoba salah satu produk pemudar stretch mark, pastikan menggunakan produk saat terlihat tanda awal akan muncul stretch mark untuk memudahkan pemudaran.

Pijatkan produk ke bagian stretch mark untuk membuatnya lebih efektif. Tidak lupa untuk konsisten menggunakan produk selama yang dibutuhkan.

Menurut Healthline, ada beberapa bahan yang terkandung dalam produk kecantikan yang dapat menghilangkan stretch mark, seperti:

- Vitamin A

- Hyaluronic acid atau asam hialuronat

- Centella asiatica

- Lidah buaya

- Minyak kelapa

- Eksfoliator bebahan dasar gula

Kunjungi perawatan dokter kulit untuk mendapatkan hasil terbaik menghilangkan stretch mark seperti terapi laser dan sebagainya.

Editor
Komentar
Banner
Banner