Sport

Ski Air dan Wakeboard, Olahraga Andalan Baru di Barito Kuala

apahabar.com, MARABAHAN – Tidak cuma dayung, Barito Kuala mulai melirik ski air sebagai olahraga di perairan…

Featured-Image
Sejumlah atlet PSAWI Barito Kuala menggelar eksebisi ski air dan wakeboard di Siring Ulek Marabahan, Sungai Barito, Senin (28/6). Foto: apahabar.com/Bastian Alkaf

bakabar.com, MARABAHAN – Tidak cuma dayung, Barito Kuala mulai melirik ski air sebagai olahraga di perairan yang dapat diandalkan.

Kesiapan Batola untuk bergelut dalam cabang olahraga baru, diperlihatkan melalui eksebisi ski air dan wakeboard di Siring Ulek Marabahan, Sungai Barito, Senin (28/6).

Sejumlah atlet dari Persatuan Ski dan Wakeboard (PSAWI) Kalimantan Selatan, terutama Batola, berkolaborasi mempertontonkan kebolehan di hadapan masyarakat, termasuk Bupati Hj Noormiliyani AS.

“Sebenarnya penggiat olahraga ini sudah lama eksis di Batola. Namun PSAWI Batola sendiri baru diresmikan menjadi anggota KONI Batola mulai 2020,” sahut Dahlan, Ketua KONI Batola.

“Alhamdulillah dari eksebisi mandiri yang dilakukan, ski air dan wakeboard mendapat dukungan dari pemimpin daerah,” imbuhnya.

Batola sendiri melengkapi lima kepengurusan PSAWI di Kalsel, selain Banjarmasin, Banjar, Banjarbaru, Tanah Laut dan Tanah Bumbu.

“Sesuai agenda PSAWI Kalsel, Batola menjadi sasaran pertama dari eksebisi ski air dan wakeboard ini,” sahut Syaifuddin, Sekretaris PSAWI Kalsel.

“Selain punya potensi geografis, Batola juga memiliki atlet andalan seperti Akbar Fadillah yang merupakan spesialis wakeboard,” imbuhnya.

Memiliki 5 atlet junior dan 7 atlet senior, Batola sudah dianggap sebagai salah satu daerah terkuat di Kalsel.

“Dari dua kali penyelenggaraan Kejurprov Kalsel, Batola selalu dapat emas. Terakhir Batola bahkan memperoleh 6 emas,” timpal Syafarudin, Ketua PSAWI Batola.

Untuk mencapai prestasi itu, Akbar Fadillah cs biasanya berlatih bersama atlet ski air dan wakeboard Kalsel di Sungai Alalak.

Namun demikian, peralatan seperti papan dan fasilitas pendukung lain masih menggunakan fasilitas pribadi.

“Sudah terdapat program jangka panjang menengah bersama Dispora Batola untuk pembinaan semua cabang olahraga, termasuk ski air dan wakeboard,” jawab Dahlan.



Komentar
Banner
Banner