Kalsel

Sinergi Pasukan Kuning dengan TNI Polri, Jalan Gerilya Banjarmasin pun Kinclong

apahabar.com, BANJARMASIN – Puluhan anggota Satgas Kebersihan Kecamatan Banjarmasin Selatan bersama anggota TNI-Polri kembali beraksi pada…

Featured-Image
Puluhan anggota Satgas Kebersihan Kecamatan Banjarmasin Selatan bersama anggota TNI-Polri kembali beraksi pada Jumat tadi pagi. apahabar.com/Eddy

bakabar.com, BANJARMASIN – Puluhan anggota Satgas Kebersihan Kecamatan Banjarmasin Selatan bersama anggota TNI-Polri kembali beraksi pada Jumat tadi pagi. Sasaran mereka adalah sampah basah di saluran irigasi dan rumput liar yang tumbuh memanjang di sepanjang kanan kiri Jalan Gerilya, Kelurahan Tanjung Pagar.

Hasilnya tentu sudah bisa ditebak, keindahan kota tetap terjaga dengan asri. Pun begitu dengan para pengguna jalan khususnya masyarakat Tanjung Pagar dan sekitarnya bisa lebih nyaman berkendara.

Lurah Tanjung Pagar, Aina mengatakan kegiatan ini rutin dilakukan untuk menjaga kerukunan dan kepedulian antar-warga Kecamatan Banjarmasin Selatan. Kegiatannya pun bergantian setiap Jumat dan terjadwal.

"Selain menjaga kerukunan dengan sesama warga dan pihak kelurahan atau Kecamatan juga ini merupakan bentuk rasa memiliki warga dengan lingkungan sekitar masing-masing dengan rutin bergotong royong menjaga kebersihan," kata wanita berhijab itu kepada bakabar.com di lokasi.

“Dampak yang dirasakan tidak hanya warga dua kelurahan ini saja, tapi juga masyarakat luas yang merasakan karena jalan ini dipergunakan oleh masyarakat kecamatan lain contohnya Kecamatan Banjarmasin Selatan, Muara Tatah Pemangkih dan lainnya," katanya lagi.

Menurutnya, tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan Jumat Bersih ini adalah untuk menumbuhkan rasa memiliki di kalangan masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan demi kesehatan. Sehingga suasana di lingkungan akan terasa nyaman dan fasilitas di sekeliling kita dapat terpelihara dengan baik.

“Semua kegiatan di hari Jumat ini, menjadi cerminan bahwa lingkungan yang bersih sangat menentukan pola hidup sehat di lingkungan masing-masing, sehingga akan menciptakan sikap yang sehat dalam hidup bermasyarakat," tandas Lurah Aina.

Pantauan bakabar.com, puluhan anggota Satgas Kebersihan bersama anggota Bhabinkamtibmas Polsek Banjarmasin Selatan dan Babinsa Koramil Banjarmasin Selatan mulai dari membersihkan selokan kiri kanan jalan, selokan atau saluran irigasi hingga membersihkan sampah-sampah kering yang tersebar dan terlihat kotor.

Suasana diiringi canda tawa hingga tak terasa waktu dua jam sejak pukul 07.00 terlewati. Puncaknya, usai melakukan aksi bersih-bersih itu puluhan anggota satgas kebersihan kembali berkumpul ke Kelurahan Tanjung Pagar.

Tidak hanya bercengkrama dengan rekan rekannya, mereka juga makan bersama hingga diiringi lagu dangdut untuk memperindah suasana. Kerukunan ini diharapkan terus terjalin agar Kecamatan Banjarmasin Selatan benar benar bersih dari kesan Kumuh.

Baca Juga:Peringati HUT RI ke-74, Sekdakot Banjarbaru dan Warga Bersihkan Sungai

Baca Juga:BPTD XV Kalsel Bersihkan Atribut di Sejumlah Titik Jalan

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Fariz Fadhillah

Komentar
Banner
Banner