Hot Borneo

Siapkan Persyaratan! Rekrutmen Panwascam Se-Banjarmasin Akan Dibuka, Honor Hampir Rp2 Juta per Bulan

apahabar.com, BANJARMASIN – Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 mulai berjalan. Setidaknya 15 orang yang bakal…

Featured-Image
Banwaslu Banjarmasin akan segera membuka rekrutmen calon anggota Panwascam. Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARMASIN – Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 mulai berjalan.

Setidaknya 15 orang yang bakal direkrut menjadi Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) se-Kota Banjarmasin.

Warga yang ingin mendaftar bisa mengakses persyaratan di website Bawaslu Banjarmasin atau mengunduh di https://bit.ly/Panwascam24.

Cara lainnya datang ke Sekretariat Bawaslu Banjarmasin, Jalan J1. Dharma Praja IlI No 38, Pemurus Luar, Banjarmasin Timur, Banjarmasin.

Pendaftaran dibuka mulai 21 September 2022. Sosialisasi pendaftaran juga dilakukan, mulai dari media sosial (medsos), bertemu masyarakat di kelurahan dan kecamatan.

"Bagi peminat untuk menjadi Panwascam Pemilu 2024 agar segera mendaftar di Bawaslu Banjarmasin," ujar Ketua Bawaslu Banjarmasin, Muhammad Yasar.

Ia mengatakan bahwa menjadi Panwascam mendapatkan honor setiap bulannya. Sekitar Rp1,8 juta untuk jabatan ketua Panwascam dan Rp1,5 juta bagi anggota.

Masa kerja Panwascam kurang lebih 27 bulan, sejak dilantik akhir Oktober 2022 mendatang.

Mereka juga diberikan 6 staf pegawai, 2 pendukung dan keterwakilan Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai sekretaris dan bendahara.

"3 anggota Panwascam lakukan rapat pleno, menentukan siapa ketua dan pembagian kelurahan mana aja," ucapnya.

Lantas apa aja syarat pendaftaran Panwascam?

Ia menerangkan masyarakat yang mendaftar harus berusia minimal 25 tahun. Pendaftar juga memiliki tanda kelulusan berupa ijazah setingkat Sekolah Menengah Akhir (SMA).

Terpenting, kata Yasar bahwa pendaftar tidak pernah terlibat keanggotaan Partai Politik (Parpol) dalam 5 tahun terakhir.

Diketahui, pendaftaran dan penerimaan berkas mulai 21 sampai 27 September 2022. Pengecekan kelengkapan administrasi 28 sampai 30 September 2022.

"Kalau ada hal-hal yang kita pikir belum lengkap pada tanggal itu kita kembalikan dulu, sampai masa pendaftaran masih ada," tuturnya.

Adapun pengumuman hasil pengecekan administrasi 12 Oktober 2022. Tes tertulis 14-16 Oktober, Pengumuman hasil tes tertulis 17 Oktober, tes wawancara 18-22 Oktober, pengumuman tes wawancara 25 Oktober, dan pelantikan anggota Panwscam 26-28 Oktober 2022.

Komentar
Banner
Banner