Kalsel

Siang Bolong, Belasan Hektare Lahan Warga Birayang HST Ludes Terbakar

apahabar.com, BARABAI – Delapan orang personel Tim Satuan Tugas (Satgas) Karhutla yang terdiri dari unsur TNI,…

Featured-Image
Kepulan asap pasca-guyuran hujan sisa kebakaran hutan dan lahan di Desa Awang RT 6 Batara, Selasa tadi siang. Foto-Istimewa

bakabar.com, BARABAI – Delapan orang personel Tim Satuan Tugas (Satgas) Karhutla yang terdiri dari unsur TNI, Polri, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) disibukkan dengan kebakaran lahan di Desa Awang, RT 6, Kecamatan Batang Alai Utara (Batara), Hulu Sungai Tengah (HST).

Pantauan media ini, si jago merah mulai berkobar sejak pukul 09.00 hingga pukul 12.00, Selasa (27/08). Didapati jumlah lahan terbakar berjumlah 15 hektare.

Dengan peralatan sederhana, Tim Satgas Karhutla berhasil memadamkan api. Tim sampai membuang ranting di sekeliling parit dekat lokasi kebakaran untuk mencegah meluasnya Karhutla.

Kondisi saat ini lahan gambut yang terbakar sudah padam karena diguyur hujan, namun masih menyisakan kepulan asap.

“Pemilik lahan yang kurang lebih 15 hektare ini diketahui orang Birayang, Batang Alai Selatan. Namun kita belum mengetahui nama pemiliknya,” kata Babinsa Koramil 02 Batara, Pelda Riyanto, usai mengecek ke lokasi Karhutla, kepada bakabar.com.

Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan oleh Polsek Batara. Polisi menghimbau untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Mengambil data Kodim 1002/Barabai, dari Juli lalu hingga Agustus ini titik api ditemukan di Kecamatan Limpasu, Desa Tanah Habang Kecamatan Batang Alai Selatan (BAS), Tandilang Kecamatan Batang Alai Timur (BAT), Desa Kayu Rabah Kecamatan Pandawan, Batu Benawa.

Baca Juga:Prajurit TNI Sigap Bantu Evakuasi dan Padamkan Kebakaran Rumah Warga

Baca Juga:BREAKING NEWS! Boombing Mengudara untuk Padamkan Kebakaran di Landasan Ulin

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner