LIFESTYLE

Serupa Nasib The Heavenly Idol, Ini Grup K-pop yang ‘Selamat’ dari Disband

Kisah grup musik yang hampir bubar tak cuma ada dalam drama The Heavenly Idol. Di kehidupan nyata pun benar-benar ada grup K-pop yang ‘selamat' dari disband

Featured-Image
The Heavenly Idol mengangkat kisah grup musik yang hampir bubar, namun terselamatkan karena suatu hal (Foto: dok. tvN)

bakabar.com, JAKARTA - Bagaimana jadinya bila grup musik yang hampir bubar, justru makin terkenal usai salah seorang anggotanya kerasukan dewa? Itulah kiranya premis yang diangkat dalam drama Korea berjudul The Heavenly Idol.

Perjalanan sang Dewa di dunia manusia itu bermula tatkala dia bertarung melawan iblis. Ketika pertempuran berlangsung, Lembrary Pontifex tiba-tiba menemukan dirinya berada dalam tubuh Woo Yeon Woo di sebuah asrama kecil.

Woo Yeon Woo merupakan salah satu anggota Wild Animal. Grup idol ini telah meniti karier selama kurang lebih tiga tahun, namun tak kunjung terkenal. Malahan, grup tersebut hampir bubar.

Selang sembilan jam berada di tubuh manusia, Lembrary Pontifex mau tak mau harus tampil di atas panggung bersama Wild Animal. Saat musik mulai diputar, sang Dewa panik dan berteriak, "Saya tidak tahu cara menari.”

Aksi Woo Yeon Woo saat itu berhasil menarik perhatian orang-orang dan media. Wild Animal lantas menjadi terkenal, sehingga Lembrary Pontifex harus terbiasa menjalani kehidupannya sebagai idol.

Kisah grup idol yang hampir bubar namun terselamatkan suatu hal, sejatinya, tak cuma ada dalam drama. Di kehidupan nyata pun benar-benar ada grup K-pop yang ‘lolos’ dari disband karena lagunya mendunia.

Lantas, grup K-pop apa sajakah itu? Merangkum berbagai sumber, berikut ulasannya:

EXID

EXID menjadi salah satu girl grup K-pop yang terselamatkan dari disband berkat lagu Up & Down. Meski saat dirilis tak langsung jadi hits, tembang itu tetap membawa keberuntungan untuk grup beranggotakan lima orang tersebut.

EXID sejatinya sudah benar-benar berada di ujung tanduk; hanya tinggal menghitung hari untuk bubar. Namun, tiba-tiba, grup yang debut pada Februari 2012 ini banyak diundang untuk tampil di berbagai program musik dan variety show televisi.

Popularitas demikian rupanya bermula dari video fancam yang memperlihatkan salah seorang anggota EXID, Hani, menarikan lagu Up & Down. Koreografi seksi dipadu ekspresi menggoda sang idol sukses melambungkan pamor grup tersebut.

Brave Girls

Serupa dengan nasib EXID, Brave Girls juga terselamatkan dari popularitas yang anjlok berkat lagu Rollin. Grup tersebut sudah melakukan berbagai upaya agar tidak bubar, mulai dari hiatus selama setahun hingga ‘bongkar-pasang’ member.

Brave Girls baru menemukan secercah harapan pada 2021, ketika Rollin mendadak viral berkat kompilasi penampilan mereka di depan anggota militer. Tak berselang lama sejak itu, lagu yang pertama dirilis pada 2017 ini pun menyabet Perfect All-Kill.

Mereka lantas meraih kemenangan pertama di acara musik mingguan usai 1.854 hari debut. Grup beranggotakan Minyoung, Yujeong, Eunji, dan Yuna ini bahkan sukses menggelar tur di Amerika Serikat.

BTS

Siapa sangka, boy grup yang kini namanya sangat mendunia, BTS, juga hampir bubar. Grup beranggotakan tujuh orang itu tak mampu bertahan di industri musik Korea manakala lagu I Need U ditolak publik.

Beruntung, lantunan tersebut berhasil diterima dengan baik oleh pasar musik. I Need U menjadi lagu pertama yang mengantarkan BTS menuju popularitasnya, di mana bermula dengan meraih kemenangan mingguan.

Infinite

Infinite sejatinya memiliki banyak lagu terkenal, sebut saja Be Mine, Back, Paradise, dan Man In Love. Namun, siapa sangka, di balik popularitas tersebut, grup besutan Woolim Entertainment itu sempat bubar selang setahun usai debut.

Agensi yang menaungi Infinite kala itu mengalami kebangkrutan. Alih-alih menyerah, sang CEO bersikeras mempertahankan bakat cemerlang ketujuh pemuda tersebut.

Tak main-main, dia bahkan rela menjual rumahnya untuk biaya produksi album Over The Top yang terdapat lagu Be Mine di dalamnya. Beruntung, pengorbanannya itu terbayar dengan popularitas Infinite yang kian menanjak dari tahun ke tahun.

Itulah sejumlah grup K-pop yang terselamatkan dari disband. Dari kisah mereka, bisa dipetik hikmah agar tak lantas menyerah manakala dihadapkan dengan kesulitan. Semangat!

Editor


Komentar
Banner
Banner