lowongan kerja

Sering Buka Lowongan, Intip Bocoran Pertanyaan Wawancara Kerja di Kedubes AS

Seperti apakah cara menjawab wawancara kerja di Kedubes AS yang benar? Berikut bocoran pertanyaan beserta jawabannya yang dirangkum dari Instagram Kedubes AS

Featured-Image
Salah satu staf Kedubes AS, Jason Johnson, membagikan tips menjawab pertanyaan wawancara dengan benar

bakabar.com, JAKARTA - Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat di Jakarta merupakan salah satu instansi yang sering membuka lowongan kerja. Layaknya perusahaan lain, proses rekrutmen di sini juga melewati tahap wawancara.

Pada tahap ini, perekrut dari pihak Kedubes AS bakal mengajukan sejumlah pertanyaan dalam bahasa Inggris. Supaya peluang lolos wawancara lebih besar, ada baiknya pelamar menjawab dengan penuh pertimbangan; bukan asal-asalan.

 “Jadi, sebenarnya ada rumus untuk menjawab pertanyaan ini dengan benar,” ungkap salah satu staf Kedubes AS, Jason Johnson, dikutip dari Instagram @usembassyjkt, Minggu, (23/10).

 Lantas, seperti apakah cara menjawab wawancara kerja di Kedubes AS yang benar? Berikut bocoran pertanyaan beserta jawabannya yang dirangkum dari Instagram resmi Kedubes AS.

Ceritakan tentang Diri Anda

Salah satu pertanyaan yang bakal diajukan saat wawancara adalah “tell me about yourself” atau dalam bahasa Indonesia berarti “ceritakan tentang diri Anda.”

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pelamar cukup menceritakan peran dan tanggung jawab posisi pekerjaan sebelumnya. Beri gambaran singkat mengenai riwayat pekerjaan yang relevan dengan posisi yang dilamar.

Baca Juga: Kedubes Amerika Buka Lowongan Kerja untuk 4 Posisi dengan Gaji Menggiurkan

Pelamar tidak perlu memaparkan jawaban yang bersifat personal, seperti status pernikahan, alamat rumah, silsilah keluarga, dan sebagainya. Dengan kata lain, cukup menjawab dengan membeberkan pengalaman di kehidupan profesional.

Agar lebih mudah dipahami, berikut adalah contoh jawaban dari pertanyaan "ceritakan tentang diri Anda" yang benar:

“Saya bekerja sebagai jurnalis selama 6 tahun di kantor media besar. Saya telah sukses mewawancara para pemimpin pemerintahan, dan juga para pemimpin politik.” 

Mengapa Kami Harus Mempekerjakan Anda?

Pertanyaan lain yang bakal diajukan saat wawancara di Kedubes AS adalah “why should we hire you?” yang artinya “mengapa kami harus mempekerjakan Anda?”

Untuk pertanyaan ini, jangan berikan jawaban simple yang terkesan nyeleneh, seperti “karena Anda sedang mencari karyawan.” Alih-alih begitu, Johnson membeberkan jawaban bagus yang bisa meyakinkan perekrut.

Baca Juga: MRT Jakarta Buka Lowongan Kerja Besar-besaran, Ini Persyaratannya

Salah satunya, dengan mengatakan bahwa Anda bisa melakukan pekerjaan dengan sangat baik. Anda juga perlu menjanjikan bisa bekerja secepatnya. 

Selain itu, berikan jawaban yang menjelaskan perbedaan Anda dengan kandidat lain. Buatlah perekrut terksesan dengan pengalaman Anda yang tak dimiliki pelamar lain. 

Terakhir, Anda harus mengerti bagaimana Kedubes AS bekerja dan bisa berkontribusi bagi tujuannya. “Ini menunjukkan semangat dan hasil,” kata Johnson.

Berikut adalah contoh cara menjawab pertanyaan “mengapa kami harus mempekerjakan Anda?” yang baik:

“Saya memiliki semua keterampilan yang diperlukan untuk mengisi posisi ini. Saya memiliki latar belakang menulis profesional, juga jaringan dengan para pimpinan pemerintahan di Indonesia. Dan saya juga bersemangat terkait diplomasi publik.”

Apakah Anda Punya Pertanyaan untuk Kami?

Pertanyaan terakhir yang biasa diajukan sebelum menutup sesi wawancara adalah “do you have any questions for us?” atau “apakah Anda punya pertanyaan untuk kami?”

Jangan abaikan pertanyaan yang satu ini dengan menjawab “tidak ada.” Sebab, itu justru menunjukkan bahwa Anda kurang antusias dengan pekerjaan yang dilamar.

Baca Juga: PT Honda Prospect Motor Membuka Lowongan Pekerjaan, Ada 10 Posisi Dibuka untuk Umum

Sebaiknya, siapkan pertanyaan sedari awal. Pertanyaan tersebut bisa berupa terkait pekerjaan atau organisasi. Misalnya:

“Apakah target yang diharapkan di bulan pertama saat saya bergabung?” atau “Bagaimana cara agar saya sukses menjalani posisi ini?”

Demikianlah tiga pertanyaan wawancara kerja di Kedubes AS. Bocoran di atas juga bisa Anda terapkan saat melamar kerja di perusahaan lain. Semoga bermanfaat!

Editor
Komentar
Banner
Banner