News

Sempat Membaik dari Serangan Jantung, Aktor Donny Kesuma Meninggal Dunia

Di detik-detik menghembuskan napas terakhir, Donny Kesuma didampingi orang-orang terkasih, mantan istri dan tiga anaknya.

Featured-Image
AKTOR Donny Kesuma semasa hidupnya.(Foto: liputan6.com)

bakabar.com, JAKARTA – Aktor Donny Kesuma meninggal dunia dalam usia 55 tahun, di ruang ICCU Rumah Sakit Primaya Jakarta, Selasa (19/3/2024) malam pukul 19.19 WIB.

Kabar meninggalnya aktor yang mengawali karier sebagai atlet softball itu dibenarkan mantan istrinya, Yuni Indriyati.


"Iya barusan jam 19.19 WIB. Mohon maaf dan mohon doanya," ujarnya yang dikutip dari detikcom, Selasa (19/3/2024) malam.

Pagi ini, terlihat sejumlah artis, rekan, dan kerabat almarhum melayat ke rumah duka di kawasan Galaxy, Bekasi, Jawa Barat. Di antaranya, Dewi Gita, Deswita Maharani, Iis Dahlia, Indra Birowo, Sania, hingga Daus Mini.

Di detik-detik menghembuskan napas terakhir, Donny Kesuma didampingi orang-orang terkasih, mantan istri dan tiga anaknya.

Sebelum berpulang ke rahmatullah, Donny Kesuma sempat dilarikan ke Rumah Sakit pada 16 Maret 2024 dan dirawat intensif di ruang ICCU.

Kondisinya kembali menurun setelah dikabarkan sempat membaik pada Selasa (19/3/2024) sore.


Berbagai upaya dilakukan dokter guna menyelamatkan Donny Kesuma, termasuk menaikkan lagi dosis obat dan pompa manual jantung. Setelah dilakukan pompa manual pada jantungnya, Donny Kesuma meninggal dunia pada pukul 19.19 WIB.

Putra kedua Donny Kesuma, Ghassaan Kesuma, menceritakan bagaimana ketika menyaksikan sang ayah pergi untuk selama-lamanya.

"Kita semua keluarga menyaksikan di dalam ruangan tersebut. Perasaan kita campur aduk. Tadinya kita harusnya happy akan melakukan Lebaran, mau pergi-pergi, sudah bikin rencana, namun Allah bertakdir lain," ungkap Ghassaan Kesuma di rumah duka, kawasan Galaxy, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (19/3/2024) malam.

"Ya, di sana tadi kondisinya sedih semua sih. Tadi kakak juga minta maaf, atas kesalahan karena kakak sebagai anak pertama. Minta maaf dan harus bertanggung jawab menggantikan Papa," sambungnya.

Ketiga putranya, Muhammad Fajrin Putra Kesuma, Muhammad Ghassaan Indira Kesuma, Muhammad Hazel Raga Kesuma, ada di samping Donny Kesuma yang sengaja diberikan obat bius. Ada juga mantan istrinya, Yuni Indriyati.

Ghassaan mengatakan, meski ayah dan ibunya sudah berpisah, tapi mereka masih berhubungan baik. Bahkan saat mengeluhkan sakit pada 16 Maret 2024, Donny Kesuma menelepon semua anggota keluarga, Yuni Indriyati yang memberikan mengangkat telepon itu.

Melihat kondisi Donny Kesuma menurun, anak-anak beserta Yuni Indriyati berkumpul. Yuni Indriyati dan Donny Kesuma diketahui bercerai pada 2017 setelah berumah tangga selama 18 tahun.

"Kita semua di ruangan itu, berempat, melihat Papa menghembuskan napas terakhirnya. Lengkap semua, kita ganti-gantian di kupingnya bilang 'Lailahailallah'. Sebenarnya Papa dalam efek obat bius masih bisa mendengar," cerita Ghassaan.

Semua keluarga disebut sudah mengikhlaskan kepergian Donny Kesuma untuk selamanya.

"Kita harus ikhlas karena apa yang berasal dari Tuhan akan kembali ke pada Tuhan juga. Kita pasti juga nggak siap kehilangan orang yang kita sayang. Sebenarnya papa pun nggak mau melihat kita sedih," ujarnya.

"Sebelum ini kan nenek yang udah nggak ada. Dari nenek pun tahlillannya nggak mau yang sedih. Itu turun ke Papa. Papa (sebelum meninggal) masih respons, tapi hanya mendengar saja karena efek bius itu," tukas Ghassaan Kesuma.

Rencananya jenazah Donny Kesuma  dimakamkan di TPU Tanah Kusir. Ghassaan mohon doa terbaik untuk mendiang Donny Kesuma.

"Ya Allah, semoga Papa diterima di sisi-Nya, semoga kebaikan Papa selalu diingat oleh teman-teman, semoga riwayat Papa selalu dikenang, gitu saja," doa Ghassaan Kesuma.

Aktor bernama lengkap Donny Kesuma Hudayat  itu lahir di Bandung, 6 Juni 1968. Ia memulai kariernya dari dunia olahraga sebagai atlet softball Indonesia. Ia pernah membawa tim softball Indonesia meraih medali emas pada SEA Games 1997.

Donny Kesuma memulai karier keartisannya lewat layar kaca pada 1997, lewat sinetron serial ‘Bidadari yang Terluka.’ Sejak itu dia dikenal sebagai aktor laris di layar kaca dan film layar lebar.

Tak kurang 28 sinetron dan FTV yang dibintanginya. Selain itu, Donny Kesuma juga berperan di 11 film layar lebar.det/wkp

Editor
Komentar
Banner
Banner