Kalsel

Sembuh dari Corona, Dua Warga HST Tetap Isolasi Mandiri

apahabar.com, BARABAI – Dua dari tiga pasien merupakan satu keluarga yang terkonfirmasi positif virus corona atau…

Featured-Image
Data Covid-19 dirilis Dinkes HST melalui Kominfo setempat. Foto-Istimewa

bakabar.com, BARABAI – Dua dari tiga pasien merupakan satu keluarga yang terkonfirmasi positif virus corona atau Covid 19 di Hulu Sungai Tengah (HST) akhirnya dinyatakan sembuh.

Kedua pasien itu memiliki kode yakni, HST-02 dan HST-03. “Hasil swab sudah negatif. Hasil itu keluar pada Senin (4/5),” kata Jubir Gugus Tugas Covid 19 HST, Dokter M Asnal ditemui bakabar.com di gedung eks Akper Murakata Barabai, Rabu (6/5).

Sementara pasien berkode HST-01, masih positif dan tetap menjalani perawatan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

“Kita tetap lakukan pemeriksaan sesuai SOP. 14 hari ke depan, Tim Gugus Tugas Covid 19 HST akan dilakukan tes Swab lagi terhadap pasien,” ujar Asnal.

Sebelumnya, mereka diisolasi atau dikarantina di RSUD H Damanhuri Barabai selama 24 hari.

Walau dinyatakan positif Corona, mereka disebut OTG alias orang tanpa gejala terkait virus itu, seperti batuk, sesak nafas dan demam.

Selama di sana, pasien terkonfirmasi Covid-19 ini mendapat penanganan, pengawasan maupun pemantauan medis.

“Untuk pengawasan dan pemantauan tetap menjadi tugas dinkes. Kami sekadar menyiapkan ruang, fasilitas dan makan,” kata Asnal.

Sekretaris Dinkes HST, Sakdillah memaparkan, selama di RSUD Damanhuri, ketiga pasien diberikan penanganan sesuai SOP. Ketiganya diawasi 24 jam.

“Diberi konsumsi layak, pengawasan secara kesehatan kita berikan obat-obatan yang mendorong imun mereka terutama yang mengandung vitamin C dosis tinggi,” terang Sakdillah.

Sekalipun dinyatakan sembuh, kedua pasien asal Kecamatan Barabai ini harus mengisolasi diri sendiri di rumah hingga 7 hari ke depan.

“Selama masa pemulihan 7 hari itu, kita mengantisipasi hal-hal yang di luar dugaan kita bisa kembali (terjangkit-red) karena virus ini bisa timbul di mana saja. Jadi harapan kita, keduanya mematuhi regulasi dengan tetap berada di sekitar rumah dan jaga jarak atau physical distancing,” kata Sakdillah.

Berdasarkan data Covid-19 yang dirilis Dinkes HST melalui Diskominfo setempat, per 6 Mei 2020 pukul 13.15, orang yang dinyatakan selesai pemantauannya sebnayak 216. Sementara yang dipantau kondisi terkait Covid-19 sisa 21.

Untuk kasus pasien dalam pengawasan (PDP) nihil. Sementara kasus positif atau konfirmasi Covid-19 yang masih dalam perawatan sisa 1 orang dengan kode HST-01.

“Di HST belum ada ditemukan transmisi lokal. Sebab itu kami mengimbau kepada masyarakat agar tetap pakai masker, jaga jarak, dan terapkan pola hidup sehat,” tutup Sakdillah.

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner