Pemkab Barito Kuala

Semarak Tahun Baru Islam di Batola, Sungai Barito Dipenuhi Cahaya

apahabar.com, MARABAHAN – Semarak Tahun Baru Islam di Barito Kuala, membuat perairan Sungai Barito di Marabahan…

Featured-Image
Peserta dari Desa Baliuk mememenangi lomba tanglong kapal hias dalam rangkaian Festival Muharram di Marabahan. Foto: Prokopimda Batola

bakabar.com, MARABAHAN – Semarak Tahun Baru Islam di Barito Kuala, membuat perairan Sungai Barito di Marabahan penuh dengan cahaya, Sabtu (30/7) malam.

Cahaya itu dihasilkan belasan peserta lomba tanglong kapal hias yang diselenggarakan Dinas Kepemudaan Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporbudpar) Batola.

Diketahui kegiatan serupa juga baru pertama kali digelar dalam beberapa dekade terakhir. Tidak mengherankan kalau masyarakat pun antusias menonton di bantaran sungai.

Terlebih semua peserta all out menampilkan kreasi, tetapi tetap bernuansa Islami seperti replika masjid dan Al-Qur’an, unta, hingga ikan paus.

Setelah dilepas Bupati Hj Noormiliyani AS di Siring Ulek Marabahan, semua peserta berkonvoi menuju Dermaga Masjid Agung Al-Anwar, lalu kembali ke posisi start.

Kreativitas peserta dari Desa Baliuk akhirnya mendapatkan ponten tertinggi, sekaligus dinyatakan sebagai pemenang. Sementara perwakilan Kecamatan Marabahan menempati peringkat kedua, disusul Desa Penghulu.

“Melihat antuasiasme masyarakat, sudah sepantasnya lomba tanglong kapal hias menjadi agenda tahunan, selain Tour de Barito dan balap perahu ces,” papar Noormiliyani.

Selain lomba tanglong kapal hias, dalam waktu bersamaan juga digelar bazaar jajanan aneka jenis makanan dan minuman dari berbagai kecamatan di Siring Ulek Marabahan.



Komentar
Banner
Banner