Tak Berkategori

Semarak Hari Jadi Batola, Ada Lomba Balogo Seantero Kalsel

apahabar.com, MARABAHAN – Menyemarakkan Hari Jadi Barito Kuala ke-62, Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) menggelar…

Featured-Image
Balogo menjadi salah satu cabang olahraga tradisional yang akan menyemarakkan Hari Jadi Barito Kuala ke-62. Foto: Antara

bakabar.com, MARABAHAN – Menyemarakkan Hari Jadi Barito Kuala ke-62, Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) menggelar aneka lomba, termasuk balogo dengan peserta seantero Kalimantan Selatan.

Lomba balogo digelar dalam dua dua sesi. Adapun sesi pertama berlangsung 2 Januari 2022 di Lapangan 5 Desember Marabahan.

Sesi pertama yang dikhususkan warga Batola ini bersifat seleksi perorangan. Peserta terbaik dari sesi pertama, berkesempatan mengikuti sesi kedua untuk bertanding melawan peserta dari seluruh Kalsel.

“Lomba balogo tingkat Kalsel ini akan digelar 5 hingga 6 Januari 2022, juga di Lapangan 5 Desember Marabahan,” jelas Ketua KORMI Batola, Akhmad Wahyuni, Rabu (29/12).

“Untuk lomba balogo tingkat Kalsel, peserta dibatasi hanya lima regu per kabupaten/kota dan setiap regu berjumlah 3 pemain. Sedangkan total hadiah yang diperebutkan sebesar Rp25,5 juta,” imbuhnya.

Kehadiran lomba balogo dalam perayaan Hari Jadi Batola, juga mengakomodir hasrat penggemar salah satu olahraga tradisional ini.

“Pun event olahraga tradisional baru pertama kali digelar di Batola. Ini juga menjadi bagian usaha kami dalam untuk melestarikan permainan peninggalan leluhur,” imbuhnya.

Selain balogo, olahraga tradisional lain yang digelar adalah egrang (babatisan), bakiak (terompah) dan tarik tambang.

Baik egrang, bakiak, serta tarik tambang, khusus diperuntukkan masyarakat Batola dan tetap digelar di Lapangan 5 Desember Marabahan.

Total hadiah untuk lomba egrang senilai lomba enggrang Rp600.000, bakiak Rp1.350.000, dan tarik tambang Rp3.750.000.

“Dijadwalkan egrang dan bakiak dilaksanakan 5 Januari 2022. Sedangkan tarik tambang digelar 6 Januari 2022,” jelas Wahyuni.

“Oleh karena masih dalam situasi pandemi, kami juga menekan penerapan protokol kesehatan kepada semua peserta,” tandasnya.

Komentar
Banner
Banner