Pemkab Tabalong

Seluruh Puskesmas di Tabalong Sediakan Layanan Vaksin Booster Kedua

Masyarakat di Tabalong yang ingin mendapatkan suntikan vaksin booster kedua bisa mendatangi Puskesmas yang ada di wilayahnya

Featured-Image
Rumah Sakit Covid Center ini juga melayani vaksin Covid-19 booster kedua maupun dosis pertama hingga tiga di Tabalong. Foto - apahabar.com/Muhammad Al-Amin

bakabar.com, TANJUNG - Masyarakat di Tabalong yang ingin mendapatkan suntikan vaksin booster kedua bisa mendatangi setiap Puskesmas di wilayahnya masing-masing. 

Karena seluruh Puskesmas yang ada kini menyediakan layanan tersebut secara gratis seperti vaksin Covid sebelumnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tabalong, dr. Taufiqurrahman Hamdie, mengatakan selain di Puskesmas, pihaknya juga menyediakan vaksin tersebut di layanan kesehatan lainnya.

"Vaksin booster keduanya secara serentak telah dilaksanakan pada 24 Januari 2023 lalu," katanya baru-baru tadi.

Baca Juga: Vonis Kasus Tukar Guling Lahan Kolam Kanan Batola Ditunda, Warga Lapor ke KY Kalsel

Taufiq mengatakan jenis vaksin booster kedua yang akan digunakan masih menyesuaikan kebutuhan masyarakat yang telah direkomendasikan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Untuk stoknya sendiri tidak masalah. Jika animo masyarakat tinggi ketersediaannya akan ditambah dengan meminta ke pemerintah pusat," terangnya.

Taufiq menjelaskan masyarakat penerima vaksin booster ini adalah mereka yang sebelumnya sudah mendapat suntikan dosis ketiga atau booster pertama.

"Program pelaksanaan vaksinasi tersebut dalam rangka meningkatkan kekebalan imunitas masyarakat secara keseluruhan agar proses pandemi segera berlalu hingga menjadi endemi," ucapnya.

Selain melayani booster kedua, Puskesmas dan layanan kesehatan yang lain tetap melayani masyarakat yang ingin vaksin dosis pertama, kedua, dan ketiga.

"Meski untuk jemput bola tidak ada lagi, tapi jika ada warga yang berminat akan kita fasilitasi," pungkasnya.

Baca Juga: Mengenal 'Body Count', Bahasa Gaul yang Viral di Medsos

Sekadar diketahui, vapaian vaksinasi di Tabalong untuk vaksinasi dosis pertama di angka 83,42 persen, dosis kedua mencapai 67,07 persen dan dosis ketiga atau booster pertama 29,05 persen. Sedangkan dosis keempat atau booster kedua masih rendah yakni di angka 6,35 persen.

Editor


Komentar
Banner
Banner