Sport

Seleksi Timnas U-17 di Martapura, Scouting PSSI: Pemain Berpotensi Lolos!

Seleksi pemain Timnas Indonesia U-17 di Stadion Demang Lehman Martapura, Kabupaten Banjar, telah selesai dilaksanakan pada Minggu (23/7) pukul 14.00 Wita.

Featured-Image
Foto bersama para pemain seleksi Timnas U-17 di Stadion Demang Lehman Martapura, Kabupaten Banjar, Kalsel, Minggu (23/7). foto-apahabar.com/HendraLianor

bakabar.com, MARTAPURA - Seleksi pemain Timnas Indonesia U-17 di Stadion Demang Lehman Martapura, Kabupaten Banjar, telah selesai dilaksanakan pada Minggu (23/7) pukul 14.00 Wita.

Seleksi yang digelar di 12 kota se Indonesia ini bertujuan menyambut Piala Dunia U-17 yang berlangsung pada 10 November-2 Desember 2023 mendatang di Indonesia. 

Adapun seleksi hari ini diikuti 141 pemain muda. Mereka mayoritas dari Kalimantan Selatan (Kalsel).

Meskipun ada perwakilan dari Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Kalimantan Barat (Kalbar).  

Baca Juga: 141 Pemain Ikuti Seleksi Timnas Indonesia U-17 di SDL Martapura

Seleksi difasilitasi Asprov PSSI Kalsel dan PS Barito Putera. Ratusan pemain muda ini dipantau langsung oleh tim talent scouting PSSI. 

Kendati selesai, scouting PSSI enggan terburu-buru mengumumkan pemain yang lolos untuk mengikuti seleksi lanjutan di Jakarta. 

Grassroots Manager sekaligus Safeguarding Officer PSSI, Aldi Iqbal mengatakan para pemain punya potensi menjanjikan.

"Talentanya luar biasa. Alhamdulillah sekarang diberi kesempatan tiap provinsi, jika sebelumnya tidak ter-cover untuk kompetisi elit PSSI, sekarang sudah bisa dan menjangkau lebih jauh," ucap Iqbal kepada wartawan.

Grassroots Manager sekaligus Safeguarding Officer PSSI, Aldi Iqbal (kiri). foto-istimewa.
Grassroots Manager sekaligus Safeguarding Officer PSSI, Aldi Iqbal (kiri). foto-istimewa.

"Secara talenta sudah bagus dan menjanjikan. Berpotensi untuk bisa bergabung dengan Timnas U-17. Namun harus kita convert dulu dengan (pemain) provinsi lain," sambungnya. 

Ia menjelaskan, tim kepelatihan Timnas U-17 yang dipimpin Bima Sakti dan Indra Sjafri telah menetapkan standar tinggi dengan berbagai kriteria dalam menyeleksi calon pemain. 

Contohnya seperti fisik yang bisa bergerak secara eksplosif, kemampuan di atas rata-rata di berbagai teknik dan skill.

"Secara mentality juga harus mampu bermain dalam tekanan karena bertanding di Piala Dunia. Jadi paket lengkap semua pemain," jelasnya. 

Ia menuturkan, data yang didapat akan diserahkan terlebih dahulu ke pelatih Bima Sakti dan koordinator Talent Couting untuk disandingkan dengan pemain provinsi lain.

"Kemudian dirundingkan, dan hasilnya akan kita umumkan melalui website resmi PSSI," pungkasnya. 



Editor


Komentar
Banner
Banner