News

Sekjen PBNU Apresiasi Polri: Arus Mudik Tahun Ini Lancar

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Saifullah Yusuf (Gus Ipul), mengapresiasi Polri,

Featured-Image
Sekjen PBNU Saifullah Yusuf. Foto-istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN - Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Saifullah Yusuf (Gus Ipul), mengapresiasi Polri, yang dinilai telah bekerja keras menyukseskan kegiatan mudik Idul Fitri 1444 hijriah. Menurut Gus Ipul, Polri telah memberikan rasa aman nyaman selama mudik Lebaran.

"Arus mudik tahun ini relatif lancar. Kami mengapresiasi kerja keras Pak Kapolri dan Jajaran karena telah mengantisipasi dan memberikan guide panduan yang baik bagi pemudik," kata Gus Ipul dalam keterangan tertulis, dijutip dari detikcom pada Sabtu (22/4/2023).

Gus Ipul mengungkapkan sejumlah hal yang menjadi dasar penilaian keberhasilan Polri mengamankan mudik Lebaran 2023. Semisal, Polri yang secara berulang-ulang memberikan imbauan kepada pemudik agar terhindar dari kemacetan. Informasi yang dimaksud, salah satunya, soal jadwal one way dan contra flow di jalan Tol TransJawa.

"Polisi telah memberikan well informed sehingga tahu kapan mereka harus mudik, jam berapa harus berangkat dan sebagainya," ujar Gus Ipul.

Baca Juga: Perhatikan, Ini Cara Merawat Kendaraan Usai Dipakai Mudik Lebaran

Selain itu, sambung Gus Ipul, Polri telah menyusun dan mensosialisasikan jalur-jalur alternatif mudik. Dia berpendapat kemacetan saat arus mudik tahun ini terkendali.

Meski demikian, Gus Ipul menyebut kinerja Polri akan diuji lagi saat arus balik mudik. Namun Gus Ipul optimis arus balik juga akan berjalan lancar.

Di samping itu, dia mengimbau para pemudik membangun kesadaran akan pentingnya merencanakan perjalanan, termasuk dengan mencari informasi terkini untuk terhindar dari kemacetan.

"Sekarang bagaimana masyarakat mulai sadar merencanakan perjalanan khususnya untuk arus balik nanti. Carilah informasi terkini dari sumber resmi termasuk dari Polri jadi bisa tau kapan sebaiknya melakukan perjalanan balik," tutur Gus Ipul.

Gus Ipul menambahkan mudik tahun ini adalah mudik pertama pasca-pemberhentian kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) terkait COVID-19, sehingga pergerakan pemudik kali ini merupakan yang terbesar dalam beberapa tahun belakangan. Dia pun mengutip keterangan Kementerian Perhubungann soal jumlah pemudik yang mencapai 123,8 juta orang.

Baca Juga: Kebakaran di Mabuun Tabalong, Sejumlah Kios BBM Juga Dilalap Api

Dengan peningkatan 47 persen jumlah pemudik dibanding tahun sebelumnya, Gus Ipul merasa lega karena kemacetan tak terlalu parah.

"Saya melihat meski tahun ini pemudik yang terbesar namun kemacetan tidak begitu parah. Memang ada sedikit macet tapi cepat terurai berkat kesiagaan aparat kepolisian. Selamat Pak Kapolri dan jajaran," kata Gus Ipul.

Editor


Komentar
Banner
Banner