Vidi Aldiano

Sedih, Vidi Aldiano Kabarkan Kanker Ginjalnya Semakin Menyebar

Kabar mengejutkan datang dari penyanyi tanah air, Vidi Aldiano. Ia memberitahu publik, kanker pada tubuhnya telah menyebar ke beberapa titik.

Featured-Image
Vidi Aldiano mengabarkan bahwa kanker telah menyebar ke beberapa titik tubuhnya. Foto: kolase

bakabar.com, JAKARTA - Kabar mengejutkan datang dari penyanyi tanah air, Vidi Aldiano, memberitahukan kanker pada tubuhnya telah menyebar ke beberapa titik.

Melalui akun Instagram pribadi Vidi Aldiano, atau kerap disapa Vidi, dia membagikan foto dirinya saat menjalani pengobatan, bersama dengan sang Ibu yang memeluknya dari belakang.

"Sudah memasuki tahun ketiga dimana gue menjadi 'Cancer-warrior'," tulis Vidi pada unggahan foto dirinya saat menjalani pengobatan, dikutip Selasa (19/9).

Tangkapan layar postingan Instagram Vidi Aldiano, mengabarkan kanker pada dirinya menyebar ke beberapa titik. Foto: instagram/vidialdiano
Tangkapan layar postingan Instagram Vidi Aldiano, mengabarkan kanker pada dirinya menyebar ke beberapa titik. Foto: instagram/vidialdiano

Penyanyi dengan gelar 'Duta Persahabatan' itu juga menuliskan bahwa, kanker di tubuhnya sudah melakukan penyebaran (metastatic) ke beberapa titik.

Mengutip Cleveland Clinic, Metastatik atau penyebaran pada kanker terjadi ketika sel-sel kanker terlepas dari tumor asli, dan memasuki aliran darah sehingga menyebar ke area lain pada tubuh.

Kebanyakan kanker ini dapat ditangani, namun sulit untuk disembuhkan. Perawatan dapat meringankan gejala serta memperlambat pertumbuhan kanker tersebut.

Seperti pada postingan suami dari aktris Sheila Dara, diketahui ia telah melakukan pengobatan selama setahun belakangan, dan menyebutnya sebagai 'Spa Day'.

Spa Day yang dimaksud adalah kemoterapi, perawatan hormonal atau imunoterapi, untuk mencegah kankernya bermetastasis ke titik lainnya.

Mengenal Kanker Ginjal yang diidap Vidi Aldiano

Ilustrasi Kanker Ginjal. Foto: halodoc
Ilustrasi Kanker Ginjal. Foto: halodoc

Kanker ginjal adalah pertumbuhan sel abnormal di jaringan ginjal. Dan berkembang ketika sel-sel di ginjal berubah dan tumbuh di luar kendali dan membentuk tumor.

Orang yang mengidap kanker ini kerap merasakan nyeri pinggang, tekanan darah tinggi, buang air kecil berdarah dan gejala lainnya.

Tumor kanker dapat menyebar ke jaringan dan organ vital lain, seperti yang dialami Vidi Aldiano, hal ini disebut metastasis.

Kanker ini sering terjadi pada rentang usia 65 hingga 74 tahun, namun tidak menutup kemungkinan pada usia lainnya. Dan pria dua kali lebih berisiko mengalaminya dibanding perempuan.

Seperti kanker lainnya, kanker ginjal dapat diobati bila ditemukan pada tahap awal. Dan jika terdeteksi sejak dini, kanker ini seringkali dapat disembuhkan.

Vidi Aldiano diketahui telah menjalani operasi pengangkatan satu ginjalnya usai terkena kanker pada Desember 2019 hingga 2020. Dan menjalani operasi kanker ginjal di Singapura.

Vidi mengabarkan akan melakukan comeback, dengan menggunakan tagar #VidiComeback2023, ia meminta para penggemar untuk senantiasa menunggu karya terbarunya.

"Gue harus terus bisa living my life, dan bonusnya semoga terus bisa berkarya untuk bisa kasih senyuman ke kalian semua." tutup Vidi, dengan menyebarkan semangatnya di tengah kemoterapi.

Editor


Komentar
Banner
Banner