Kalsel

Sederet Agenda Wamen Alue Dohong di Kalsel, Tanam Pohon hingga Tinjau Rehabilitasi DAS

apahabar.com, BANJARBARU – Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Wamen LHK), Alue Dohong, berkunjung ke Kalimantan…

Featured-Image
Alue Dohong bakal dua hari berada di Kalimantan terhitung sejak, Rabu 10 Maret. Foto: Media Indonesia

bakabar.com, BANJARBARU – Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Wamen LHK), Alue Dohong, berkunjung ke Kalimantan Selatan, Rabu 10-11 Maret 2021. Sederet agenda telah disusun dalam kunjungan kerjanya.

Sesuai rencana, ada tiga kabupaten atau kota yang akan ia datangi. Mulai dari Banjarbaru, Banjar, hingga Tanah Laut.

Alue dan rombongan dijadwalkan terbang pukul 04.50 WIB dari Bandara Soekarno Hatta menuju Syamsudin Noor menggunakan pesawat Garuda GA 530.

Dalam kedatangan salah satu petinggi negeri ini, Pemprov Kalsel telah menyusun protokol ketat dan mewajibkan setiap petugas untuk melakukan tes Rapid Antigen.

Diperkirakan, rombongan akan sampai pada pukul 07.45 dan beristirahat di VIP Room Bandara Syamsudin Noor. Beberapa delegasi yang direncanakan ikut hadir antara lain Dirjen PPKL, Dirjen PDASLH, Tenaga Ahli Menteri, UPT BPKH dan lainnya.

Agenda pertama yang akan dilakukan adalah penanaman pohon jenis Meranti di hutan kota perkantoran Pemprov Kalsel di Banjarbaru. Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA, juga akan mendampingi sang wamen dan delegasi saat penanaman pohon nanti.

Agenda dilanjutkan dengan rapat penanganan banjir bersama jajaran Pemprov Kalsel di Gedung Idham Chalid Banjarbaru.

Sekitar pukul 10.30, rombongan akan bergerak ke Martapura untuk meresmikan Instalasi Pengolahan Air limbah (IPAL) di Pondok Pesantren Darul Hijrah Cindai Alus.

Usai beristirahat pada pukul 13.30 dilanjutkan perjalanan darat menuju lokasi Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) di Kabupaten Tanah Laut.

Dalam agenda peninjauan ini, akan diserahkan bantuan PSKL dari PeSoNa (Perhutanan Sosial Nusantara) terkait Perhutanan Sosial.

Tahura Sultan Adam menjadi lokasi pertama yang dituju rombongan wamen LHK pada kunker di hari keduanya. Pada kegiatan ini, akan diresmikan galeri market Tahura.

Rombongan juga akan meninjau lokasi show window rehab DAS (Daerah Aliran Sungai) dan pelepasliaran burung. Dilanjutkan dengan penayangan video revolusi hijau Kalsel di Pesanggarahan.

Berikutnya, sekitar pukul 10.00 dilanjutkan perjalanan menuju Riam Kanan untuk meninjau rehabilitasi DAS yang diserahkan kepada masyarakat.

Rombongan juga akan diajak menuju Gunung Batu dengan perjalanan air menggunakan perahu. Dalam agenda ini, rencananya akan diserahkan bantuan masker untuk warga sekitar.

Agenda baru berakhir sekitar pukul 12.45. Rombongan wamen LHK dijadwalkan terbang kembali menuju Jakarta pada 17.30.



Komentar
Banner
Banner