SDL Bakal Direnovasi, Manajemen Barito Putera Belum Siapkan Stadion Alternatif

Pemerintah berencana melakukan renovasi terhadap 22 stadion di Indonesia menjadi berstandar internasional.

Featured-Image
Stadion Demang Lehman, Martapura, Kabupaten Banjar. foto-istimewa.

bakabar.com, MARTAPURA - Pemerintah berencana merenovasi 22 stadion di Indonesia menjadi berstandar internasional. Stadion Demang Lehman (SDL), Martapura, Kabupaten Banjar, termasuk di dalam rencana itu. 

SDL Martapura saat ini menjadi markas Barito Putera dalam mengarungi kompetisi BRI Liga 1 2023/2024. Itu karena berlarut-larutnya pengerjaan Stadion 17 Mei Banjarmasin. 

Dengan adanya rencana renovasi ini, Barito Putera mesti mencari stadion lain di luar Kalimantan Selatan untuk menjalani sisa laga musim ini. Kendati demikian, manajemen Barito Putera mengaku belum memiliki rencana mencari stadion alternatif. 

"Kita belum tahu realisasinya kapan. Kemarin Tim Kementerian PUPR dengan konsultannya baru tahap menginventarisir kondisi stadion SDL beserta sarana prasarana yang ada," kata Ketua Panpel Barito Putera, Rudy Dwi Siswantoro, Minggu (20/8).

Baca Juga: Karnaval Hari Kemerdekaan di Kotabaru Semarak, Pedagang Raup Untung Banyak

Baca Juga: Diselimuti Kabut Asap, Kualitas Udara Banjarbaru Berkategori Sedang

Pada 11 Agustus tadi, Kementerian PUPR melalui Direktorat Prasarana Strategis Dirjen Cipta Karya, Tim Konsultan, Tim Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalsel, Manajer Barito Putera Ikhsan Kamil, dan Mokhamad Hilman selaku Sekda Banjar mewakili Pemkab Banjar, sudah bertemu.

Pertemuan dilakukan untuk membahas lebih jauh terkait rencana renovasi SDL Martapura, terutama soal informasi keterangan rencana kota (KRK), sertifikat dan batas lahan, dokumen as built drawing (termasuk dalam bentuk file CAD).

Tim juga meminta informasi soal persetujuan bangunan gedung (PBD)/IMB, sertifikat laik fungsi, dokumen lingkungan (AMDAL, dan UKL/UPL), analisis dampak lalu lintas, dam laporan perancangan arsitektur.

Lalu, mereka juga meminta informasi mengenai laporan perancangan struktrur dan perhitungannya, laporan perancangan mekanikal elektrikal plambing (MEP), laporan perancangan infrastruktur, laporan penyelidikan tanah, laporan pengukuran topografi, dan dokumen pendukung lainnya untuk renovasi SDL Martapura.

Pertemuan itu sebagai tindak lanjut audit evaluasi teknis stadion yang telah dilakukan pada Oktober-Desember 2022 lalu.

"Belum ada opsi Barito Putera akan bermain di mana jika SDL direnovasi," sergah Rudy.

Namun yang terpenting, kata dia, jika SDL Martapura sudah di tahap renovasi, dia berharap seluruh pihak bertanggungjawab untuk melakukan pengawasan.

"Yang penting bagaimana stadion yg ada ini tetap terjaga kelayakannya untuk bisa digunakan. Karena masih ada upaya oknum menggunakan stadion tanpa izin pada saat rumput stadion dalam perawatan," tandasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner