Kalsel

SBC Kumpulkan Dana Donatur ke Keluarga Balita Penderita Tumor di Balangan

apahabar.com, BALANGAN – Derita Muhammad Rizky Maulana, bayi berusia 7,5 bulan menggugah hati banyak pihak. Salah…

Featured-Image
Muhammad Rizky Maulana dan ibunya Marni

bakabar.com, BALANGAN – Derita Muhammad Rizky Maulana, bayi berusia 7,5 bulan menggugah hati banyak pihak. Salah satunya Sahabat Balangan Center (SBC) Balangan.

Seperti diketahui, balita yang tinggal di Desa Mampari, Kecamatan Batumandi, Balangan ini mengidap tumor di pipi.

Lantas untuk membantu pengobatannya, SBC melakukan aksi kemanusian. Aksi yang digelar sejak Selasa (23/07/2019) hingga Kamis (25/07/2019) kemarin, berhasil mengumpulkan uang jutaan rupiah.

Pengumpulan ini mereka lakukan media sosial melalui pesan Whatsapp group, Instagram serta Facebook di “Habar Balangan”.

Aksi ini juga turut dibagikan para netizzen, hingga banyak para donatur yang bersimpati menyumbangkan hartanya demi membantu.

Rencananya, Muhammad Rizky Maulana akanmenjalani tindakan medis lanjutan.

Ketua SBC, Dewi Purwanti mengaku, pihaknya melakukan aksi cepat ketika warga dan keluarga pasien melaporkan informasi tersebut.

Tanpa menunggu lama, permintaan bantuan ke SBC, langsung dilakukan. SBC memberikan pendampingan, agar tidak ada pihak yang berupaya memanfaatkan situasi yang dialami keluarga Rizky, untuk mengambil keuntungan pribadi ataupun golongan.

img

Muhammad Rizky Maulana penderita tumor di pipi digendong orang tuannya. Foto – istimewa

“Kita melakukan aksi cepat melakukan pendampingan bersama Kecamatan Batumandi, melalui rekening bersama Sahabat Balangan Centre (SBC), agar tidak ada oknum yang memanfaatkan situasi ataupun mengatasnamakan kelompok bahkan keluarga pasien untuk mendapatkan keuntungan,” ungkapnya.

Sebab, kata Dewi, sudah pernah terjadi beberapa waktu lalu, adanya foto balita asal Balangan yang digunakan untuk mendapatkan keuntungan pribadi maupun kelompok.

“Dan saat ditanyakan keluarga pasien, hingga sekarang sudah hampir setahun. Dana tersebut tidak pernah mereka terima,” lanjut Dewi.

Bahkan, Dewi mengaku, SBC sempat ditolak di rumah sehat kanker di Banjarmasin untuk persiapan penempatan Muhammad Rizky Maulana dan keluarga.

“Dikarenakan pihaknya tidak percaya pada group mengatasnamakan sosial, karena disebutkan pernah terjadi menjual/memajang foto balita asal Balangan untuk keuntungan kelompok, namun kenyataannya keluarga pasien tidak pernah menerima, bahkan kekurangan finansial,” ceritanya.

Namun lanjut Dewi, saat dijelaskan barulah dari kepenguruan tersebut bersedia menampung Muhammad Rizky Maulana. Kemudian diberangkatkan ke Banjarmasin, untuk melanjutkan tindakan medis.

Dari uang yang terkumpul hingga puluhan juta itu, akan didonasikan ke keluarga pasien serta ke rumah sehat kanker tersebut secara full tanpa potongan.

Dana itu harapannya dapat dimanfaatkan keluarga, selama pasien menjalani perawatan serta tindakan medis.

Selain itu, untuk jaminan kesehatannya, SBC memanfaatkan program Universal Health Coverage (UHC) JKN-KIS program BPJS, yang telah dianggarkan melalui APBD Kabupaten Balangan.

Sementara itu Marni, ibunda Rizky, menyampaikan terima kasih kepada Kecamatan Batumandi dan SBC, serta para donatur yang telah membantu anaknya.

Marni memiliki tiga anak. Selain Rizky ada lagi dua lagi anaknya. Keduanya kakak Rizky dan yang tertua masih duduk dibangku kelas 2 SD.

“Tim Sahabat Balangan Centre (SBC) datang bersama Camat Batumandi, lalu meminta izin untuk melakukan donasi melalui rekening Sahabat Balangan Centre (SBC) secara resmi. Sekaligus memajang foto Muhammad Rizky Maulana, dimaksudkan agar tidak dimanfaatkan oknum yang tidak bertanggung jawab, dan kami sangat senang serta setuju,” ungkapnya bahagia dan berharap anaknya dapat kembali sembuh seperti anak normal lainnya.

Baca Juga: Peringati HAN, Turun Tangan Banjarmasin Hibur Anak-Anak Penyintas Kanker

Baca Juga: ACT-MRI: Santoso, Penyandang Lumpuh di Kotabaru Perlu Uluran Tangan

Baca Juga: Nah, RSPON Terima 350 Pasien Stroke Tiap Hari!

Reporter: Agus SuhadiEditor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner