Kalsel

Sapi Limosin Pemberian Presiden Jokowi, Ternyata Dibesarkan Peternak Banjarbaru

apahabar.com, BANJARMASIN – Tahun ini Presiden Joko Widodo kembali menyumbang seekor sapi untuk kurban Iduladha 1442…

Featured-Image
Pj Gubernur Kalsel memegang kepala sapi limosin pemberian Presiden Jokowi. Foto-apahabar.com/Rizal Khalqi

bakabar.com, BANJARMASIN – Tahun ini Presiden Joko Widodo kembali menyumbang seekor sapi untuk kurban Iduladha 1442 Hijriah di Masjid Sabilal Muhtadin.

Sapi jenis limosin jantan pemberian Presiden Jokowi itu ditaksir berberat hampir satu ton. Ternyata sapi itu dibesarkan peternak asal Banjarbaru.

Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA mengatakan, sapi itu dipilih dan dibeli sendiri oleh Sekretariat Presiden dari seorang peternak lokal di daerah Banjarbaru, Kalsel.

“Sapinya bagus sekali. Dibeli Sekretariat Negara dan dibeli dari sapi yang dibesarkan di Kalimantan Selatan, tepatnya Banjarbaru,” kata Safrizal usai acara seremoni penyerahan sapi Presiden untuk Badan Pengelola Mesjid Sabilal Muhtadin, Senin (19/7) siang.

Safrizal juga sempat foto selfie dengan sapi, untuk kemudian dilaporkan pada Presiden.

Ia mewakili masyarakat Kalsel menyampaikan terimakasih dan doa pada Presiden Jokowi agar selalu diberikan kesehatan dan berkah untuk memimpin di tengah tekanan pandemi Covid-19.

Pemprov Kalsel juga berkomitmen untuk menyumbang satu ekor sapi untuk masing-masing kabupaten.

“Meniru yang dilakukan Presiden, saya sudah minta pada Karo Kestra untuk tahun depan, Gubernur tahun depan akan memberikan bantuan juga tiap kabupaten satu ekor sapi di 13 kabupaten kota,” sambung Safrizal.

Dia mau, sapi yang diberikan mirip dengan milik Presiden. Harapanya hal serupa juga diikuti oleh Bupati dan Walikota yang memimpin.

“Secara pribadi saya juga menyumbang dua ekor sapi, satu di Mesjid Sabilal dan satu di Mesjid Jami,” katanya.

Sementara Sekretaris Panitia Kurban Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin Drs Zakaria mengatakan, tahun ini pihak melaksanakan kurban hari kedua, atau Rabu
(21/7).

“Pastinya sapi dari Presiden yang jadi permulaan disembelih,” ungkapnya.

Menurut Zakaria, Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin menerima tiga ekor sapi jenis limosin.

Selain punya Presiden Jokowi, kata dia, ada juga sumbangan dari pihak lainnya.

“Ada 17 ekor sapi biasa. Jadi, totalnya sementara ini sebanyak 20 ekor sapi,” katanya.

Menurut dia, daging kurban dari Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, termasuk punya Presiden Jokowi akan dibagikan ke masyarakat setelah disembelih.

"Kami sudah bentuk tim untuk membagikan langsung daging kurban ke masyarakat,” ujarnya.

Selain penyerahan simbolis sapi kurban, untuk mengurangi sampah plastik Gubernur Safrizal juga menyerahkan 2.000 lebih kampil untuk membagikan daging kurban.

Komentar
Banner
Banner