TRAVEL

Santet hingga Kematian, Ini 4 Museum Unik di Indonesia yang Wajib Dikunjungi!

Museum bukan hanya menyimpan benda-benda 'kuno', melainkan juga koleksi nan tak lazim. Berikut rekomendasi 5 museum unik di Indonesia

Featured-Image
Museum Kematian menawarkan pengalaman mencekam (Foto: news.unair)

bakabar.com, JAKARTA - Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar kata ‘museum’? Barangkali akan langsung teringat dengan benda-benda kuno di dalamnya, bukan?

Kalau Anda masih berpikir demikian, salah besar! Sebab, Indonesia memiliki sedikitnya empat museum unik yang berbeda dari tempat bersejarah pada umumnya.

Lantas, apa sajakah itu? Merangkum berbagai sumber, berikut empat museum unik nan tak lazim yang patut Anda kunjungi:

1. Museum Nyamuk, Pangandaran

Koleksi nyamuk dari berbagai genus
Koleksi nyamuk dari berbagai genus (Foto: jejakpiknik)

Jika biasanya orang-orang ingin membasmi nyamuk, lain halnya dengan museum ini yang justru mengoleksi nyamuk. Adalah Museum Nyamuk, tempat bersejarah yang menghimpun 80 spesies nyamuk dari enam genus berbeda, antara lain Cules, Manosnia, Toxorynchites, dan Aedes Aegypti.

Museum unik yang berada di Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran, Jawa Barat ini dikelola oleh Kementerian Kesehatan RI. Tak lain dan tak bukan, tentunya museum ini ditujukan untuk kepentingan edukasi. 

Di sini, Anda bisa mempelajari sejarah nyamuk di Indonesia dan penyakit yang disebabkannya, beserta pengobatannya. Selain menyimpan koleksi nyamuk, museum yang dibangun di lahan seluas 2.000 meter persegi ini juga dilengkapi dengan gedung sinema, ruang multimedia, dan ruang cendera mata.

Menariknya lagi, harga tiket masuk Museum Nyamuk sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp7.500 untuk pelajar dan Rp15.000 untuk mahasiswa.

2. Museum Tubuh Bagong, Malang

Museum Bagong menyuguhkan pengalaman 'menjelajah' organ tubuh manusia (Foto: batukita)
Museum Bagong menyuguhkan pengalaman 'menjelajah' organ tubuh manusia (Foto: batukita)

Sesuai namanya, museum unik yang berada di Malang, Jawa Timur ini menampilkan organ-organ tubuh manusia dalam bentuk visual 3 dimensi. Organ-organ tersebut ditampilkan dalam ukuran besar, sehingga pengunjung bisa 'menjelajah' ke dalamnya.

Museum Tubuh Bagong memiliki enam lantai yang terdiri dari 13 zona, yaitu otak, mulut, gigi, telinga, hidung, mata, paru-paru, jantung, hati, usus besar, usus halus, lambung, pembuluh darah, dan tulang. Selain itu, ada berbagai fasilitas tambahan yang menarik, seperti pemeriksaan mata gratis.

Mengingat fasilitasnya yang lengkap dan canggih, Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp40.000 hingga Rp70.000 untuk memasuki Museum Bagong.

3. Museum Santet, Surabaya

Museum Santet menampilkan koleksi alat-alat medis berbau klenik dan perdukunan (Foto: harapanrakyat)
Museum Santet menampilkan koleksi alat-alat medis berbau klenik dan perdukunan (Foto: harapanrakyat)

Masih dari daerah Jawa Timur, kali ini ada Museum Kesehatan alias Museum Santet. Museum unik yang terletak di Jl. Indrapura Jaya No. 17, Surabaya ini tidak hanya menampilkan koleksi perlengkapan medis dari beragam periode, melainkan juga alat-alat berbau klenik dan perdukunan, seperti santet.

Santet dinilai ada kaitannya dengan budaya dan perjalanan medis Indonesia. Hal itulah yang membuat museum ini disebut Museum Santet.

Museum ini juga memiliki perpustakaan khusus yang menyimpan beragam literatur tentang kesehatan, mulai dari sejarah, tokoh, penyakit, peralatan, hingga beragam hal lainnya. Tak hanya berupa buku, perpustakaan itu juga menyimpan dalam bentuk media lain, seperti rekaman, video, kaset, majalah, dan lain sebagainya.

Untuk memasuki museum ini, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp1.500. Sangat terjangkau, bukan?

4. Museum Kematian, Surabaya

Museum Kematian menawarkan pengalaman mencekam (Foto: news.unair)
Museum Kematian menawarkan pengalaman mencekam (Foto: news.unair)

Lagi-lagi, museum unik kali ini masih terletak di Surabaya, tepatnya di Kampus B Universitas Airlangga. Tempat bersejarah yang sejatinya benama Museum Etnografi dan Pusat Kajian Kematian ini menampilkan segala hal tentang kematian, mulai dari kematian paling konyol, pemakaman paling mahal, hingga upacara adat pemakaman seseorang.

Suasana museum ini semakin dibuat mencekam dengan semerbak bau dupa dan suara jangkrik yang sengaja ditambahkan oleh pengelola. Pengunjung juga disuguhkan berbagai replika makam dan proses pemakaman yang ada di Indonesia, semisal makam Trunyan di Bali, kuburan bayi di Toraja, atau makam Belanda.

Untuk menambah pengetahuan sekaligus merasakan sensasi mencekam ala Museum Kematian, kamu tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis.

Demikianlah empat museum unik di Indonesia yang bisa menjadi referensi Anda saat berlibur. Tertarik mengunjungi salah satunya?

Editor


Komentar
Banner
Banner