KTT G20

Sandiaga Uno: Indonesia Harus Manfaatkan Momentum G20 Bikin Kuat Ekonomi

Menteri pariwisata dan ekonomi kreatif Sandiaga Uno berharap Indonesia bisa memanfaatkan posisinya sebagai presidensi G20 untuk memperkuat ekonominya.

Featured-Image
Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: IG/@sandiuno)

bakabar.com, JAKARTA - Menteri pariwisata dan ekonomi kreatif Sandiaga Uno berharap Indonesia bisa memanfaatkan posisinya sebagai presidensi G20 yang telah dilaksanakan untuk membangun ekonomi menjadi lebih kuat dan cepat pertumbuhannya.

“kita gunakan momentum (G20) untuk membangun lebih cepat lagi, pulih lebih kuat dan tentunya kita harus pastikan masyarakat meningkatkan kesejahteraannya, UMKM terbantu usahanya dan tercipta jutaan lapangan kerja yang sangat dibutuhkan masyarakat pasca pandemi” ungkap Sandiaga di Jimbaran Bali, Kamis (17/11). Seperti dilansir Antara.

Sandiaga mengungkapkan Indonesia mendapat apresiasi dari kepala negara yang hadir pada KTT G20 Bali karena mampun melaksanakan KTT G20 di tengah situasi ketidak pastina yang dialami dunia akibat pandemi Covid-19 dan perang Rusia – Ukraina.

Baca Juga: Sukseskan KTT G20, BMKG Taburi Langit Bali 29 Ton Garam

Menurut Sandiaga kesuksesan Indonesia menyelenggarakan KTT G20 tidak lepas dari bersatunya seluruh elemen bangsa untuk mensukseskan perhelatan pertemuan negara ekonomi besar tersebut.

"G20 ini lumayan banyak sekali pujian baik dari negara adidaya seperti Amerika dan China. Saya mendengar sendiri dari Presiden Joe Biden saat saya melepas beliau dan juga dari beberapa pemimpin dunia menyampaikan apresiasi” ungkap Sandiaga

Ekonomi Bali Tumbuh 8.1 Persen karena KTT G20

Sehari sebelumnya Sandiaga Uno mengungkapkan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang diawali dengan berbagai kegiatan persiapan dan rangkaian kegiatan side event telah meningkatkan pertumbuhan ekonomi Bali hingga 8,1 persen pada kuartal ketiga tahun 2022.

"Perekonomian Bali di kuartal ketiga tahun 2022 ini mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan hingga 8,1 persen year on year (yoy)," ujar Sandiaga

Baca Juga: KTT G20 Lahirkan Deklarasi Bali 2022

Pencapaian tersebut disebut Sandiaga mengalami kenaikan yang cukup signifikan mengingat pada kuartal sebelumnya pertumbuhan ekonomi Bali hanya mencapai 3.05 persen

"Ini merupakan peningkatan yang sangat besar dibandingkan kuartal sebelumnya sebesar 3,05 persen," Jelas Sandiaga

Sandiaga berharap, pada kuartal IV 2022 pertumbuhan ekonomi Bali akan terus berlanjut ke arah pemulihan yang kuat berkat perhelatan KTT G20.

"Kami harap KTT G20 menjadi puncak pertumbuhan ekonomi Bali bersamaan dengan masa libur akhir tahun akan membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja berkualitas di Bali," ujarnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner