Hot Borneo

Ruas Jalan Gambah Tabalong Longsor, Pengendara Mesti Waspada

apahabar.com, TANJUNG – Hujan dalam beberapa hari terakhir membuat longsor ruas jalan di Gambah RT 04…

Featured-Image
Lokasi longsor di ruas jalan Gambah yang disebabkan peningkatan curah hujan dalan sepekan terakhir. Foto: apahabar.com/Muhammad Al-Amin

bakabar.com, TANJUNG – Hujan dalam beberapa hari terakhir membuat longsor ruas jalan di Gambah RT 04 Kelurahan Belimbing Raya, Kecamatan Murung Pudak, Tabalong.

Lokasi longsor dengan kedalaman puluhan sentimeter itu berada dekat oprit jembatan di kawasan tersebut.

Oleh karena hampir memakan separuh ruas jalan, pengguna kendaraan roda empat harus bergantian melintas dengan hat-hati.

Berdasarkan pantauan bakabar.com, lokasi jalan longsor di dekat sungai itu juga sudah dipasang pagar pembatas sebagai penanda untuk pengguna jalan.

Pun kondisi itu sudah masuk catatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tabalong. Dalam waktu dekat mereka berjanji melakukan penangangan.

“Penanganan akan dilakukan Tim Reaksi Cepat (TRC) dengan cara memasang siring dari kayu ulin di sisi oprit jembatan yang longsor,” jelas Kepala Dinas PUPR Tabalong, Wibawa Agung Subrata, melalui Kabid Bina Marga, Sunengsi, Sabtu (14/5).

Pemasangan siring itu sendiri hanya penanganan jangka pendek. Sementara untuk jangka panjang, jalan dan jembatan mesti direlokasi ke sisi dalam atau menjauh dari sungai.

“Tentu rencana pemindahan tersebut harus dibahas bersama pihak terkait. Hal utama yang harus diperhatikan adalah kebutuhan lahan, karena diperkirakan dapat mencapai 100 meter,” beber Sunengsi.

Sementara Camat Murung Pudak, Rahmatullah Putra Perdana, menjelaskan titik longsor tidak cuma di oprit jembatan. Terdapat longsor lain yang terletak tidak jauh dari lokasi pertama.

“Longsor ini diperkirakan imbas dari hujan lebat dalam seminggu terakhir. Dinas PUPR dan BPBD Tabalong juga sudah meninjau,” papar Rahmatullah Putra.

“Memang untuk sementara jalan masih aman dilalui. Meski demikian, pengendara tetap harus berhati-hati,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner