Pemprov Kalsel

Ruai Rindu Meratus Masuk Karisma Event Nusantara 2024

Kabar gembira datang dari Rantau, Kabupaten Tapin, untuk pariwisata Kalimantan Selatan.

Featured-Image
Saat kegiatan Ruai Rindu Meratus di Pengungungan Meratus, Piani Kabupaten Tapin tahun lalu. Foto: tim ruai untuk apahabar.com

bakabar.com, BANJARBARU - Kabar gembira dunia pariwisata Kalimantan Selatan (Kalsel). Ruai Rindu Meratus di Tapin masuk Karisma Event Nusantara (KEN) 2024.

Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, Syarifuddin pun bangga. Ia memberikan apresiasi atas capaian Ruai Rindu Meratus.

"Ini pasti menjadi role model kegiatan dalam mendongkrak pariwisata di Banua," kata Syarifuddin yang juga menjabat Pj Bupati Tapin itu, Rabu (31/1).

"Ruai Rindu ini adalah event pertama di Tapin yang masuk KEN. Dari itu harus dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam promosi pariwisata Kalsel," imbuhnya.

Ruai Rindu Meratus ini dimasukkan ke dalam KEN 2024 pada 27 Januari kemarin, di Jakarta.

"Sebanyak 110 kegiatan ini akan menjadi event dunia yang menggerakkan perekonomian kita dan meningkatkan kesejahteraan bangsa," sahut Sandiaga Salahudin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Selain Ruai Rindu Meratus, ada lagi Festival Lokasado yang masuk KEN 2024.

Sejatinya, Ruai Rindu Meratus ini sudah mulai digaungkan sejak 2012 oleh para pemuda yang fokus di sektor pelestarian alam atau pegunungan dan adat budaya dayak meratus. Khususnya di wilayah Kecamatan Piani, kabupaten tapin.

"Namun terealisasinya kegiatan ini sejak 2019 silam," timpal Hendra Gunawan, Kapten Ruai Rindu Meratus.

Gunawan yang kini juga aktif sebagai aktivis lingkungan ini optimistis, Ruai Rindu Meratus bisa meningkatkan pariwisata di Banua.

Tak hanya itu, kegiatan ini juga memberikan edukasi kepada para generasi Z dalam mencintai alam yang telah memberikan segelanya terdahap manusia.

"Dengan masuknya kegiatan kita dalam KEN 2024 ini, kita akan mempersiapkan dengan maksimal. Tentu, juga akan melibatkan pemerintah daerah untuk menyukseskan acara," tandas Gunawan.

Editor
Komentar
Banner
Banner