Kalsel

RSD Idaman Penuh, Berikut RS di Banjarbaru yang Siap Melayani Pasien Covid-19

apahabar.com, BANJARBARU – RSD Idaman Banjarbaru penuh dan tidak menerima pasien hingga 8 Agustus. Dinas Kesehatan…

Featured-Image
RSD Idaman Banjarbaru. Foto: Istimewa

bakabar.com, BANJARBARU – RSD Idaman Banjarbaru penuh dan tidak menerima pasien hingga 8 Agustus.

Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru menggelar rapat bersama seluruh RS di Kota Idaman.

“Hari ini menindaklanjuti rapat sebelumnya, bersama ke 9 RS di Banjarbaru, kami sampaikan agar ikut atau berperan serta dalam menangani Covid-19 ini,” ujar Kadinkes Kota Banjarbaru, Rizana Mirza kepada awak media, Selasa (3/8).

Lantas, berapa RS di Banjarbaru yang sudah menyatakan siap menangani Covid-19?

img

“Semuanya siap, di Banjarbaru ada 9 RS termasuk swasta, beberapa RS bahkan sudah melayani Covid-19, kemudian dalam bulan Agustus ini ada penambahan lagi ruangan, dan alhamdulillah tadi semuanya [yang sudah melayani] 75 persen sudah berjalan,” ungkap Rizana.

Memang, katanya sudah ada beberapa RS yang melaksanakan penanganan Covid-19, namun Rizana meminta agar pelayanan Covid-19 dapat lebih ditingkatkan lagi.

“Kami meminta untuk dapat meningkatkan pelayanan termasuk penambahan ruangan, dan antisipasi oksigen yang saat ini menjadi masalah nasional,” katanya.

Sebab, menurutnya bukan rahasia jika kekurangan oksigen karena lonjakan kasus menjadi masalah di Indonesia saat ini.

“RS kendalanya oksigen semua, karena kita memang mendatangkan dari luar pulau, dan saat ini mereka [luar pulau] juga membutuhkan oksigen, jadi memang kapasitas nasional kita tidak mencukupi dengan adanya penambahan kasus ini,” jelasnya.

“Oleh karena itu, kami mendorong supaya mereka [RS] bisa menyiapkan generator untuk membikin oksigen sendiri sehingga untuk penanganan tidak terhambat,” sambungnya.

Selain permasalahan oksigen, kekurangan tenaga kesehatan juga menjadi salah satu masalah RS di Banjarbaru.

“Iya ada kendalanya tenaga SDM, jadi kami menyarankan kalau bisa merekrut tenaga kesehatan kalau perlu per bulan melihat situasi kasus yang ada,” ucapnya.

Dengan siapnya pihak RS selain RSD Idaman Banjarbaru, Rizana berharapan besar agar pasien Covid-19 dapat tertangani dengan baik.

Sekadar informasi, sejak 30 Juli lalu, pihak RSD Idaman Banjarbaru telah mengumumkan bahwa sehubungan dengan banyaknya tenaga kesehatan terkonfirmasi Covid-19 maka RSD Idaman tidak menerima pasien baru rawat inap kecuali kasus obsgin atau bersalin hingga 8 Agustus. Dan dibuka kembali pada 9 Agustus.

Adapun ke 9 RS di Banjarbaru yang siap menangani Covid-19 sebagai berikut:

1. RSU Syifa Medika Banjarbaru2. RSU Mawar3. RSU Idaman Banjarbaru4. RSU Nirwana5. RSU Almansyur Medika6. RS TK IV Guntung Payung7. RS Permata Husada8. RSI Sultan Agung Banjarbaru9. RS TNI AU Syamsudin Noor



Komentar
Banner
Banner