Pemkab Banjar

Ribuan Jemaah Padati Haul ke-13 Guru Supian Keraton Martapura

Ribuan jemaah memadati peringatan Haul ke-13 Tuan Guru H Supian Noor berlangsung di kediaman keluarga almarhum, di Jalan Sasaran, Kelurahan Keraton, Martapura,

Featured-Image
Haul ke-13 Tuan Guru H Supian Noor, di Kelurahan Keraton, Martapura, Kabupaten Banjar, Senin (17/7) malam. Foto-MC Banjar.

bakabar.com, MARTAPURA - Ribuan jemaah memadati peringatan Haul ke-13 Tuan Guru H Supian Noor berlangsung di kediaman keluarga almarhum, di Jalan Sasaran, Kelurahan Keraton, Martapura, Kabupaten Banjar, Senin (17/7) malam.

Hamparan sajadah jemaah haul memadati hingga Jalan Makam, Keraton, hingga rumah dan pekarangan warga setempat.

Haul tersebut juga dihadiri Bupati Banjar H Saidi Mansyur dan wakilnya Habib Idrus Al Habsyie, para habaib, alim ulama, guru agama, dan tokoh masyarakat.    

Diawali dengan pembacaan Surah Yasin, kemudian pembacaan Maulid Habsyi oleh rombongan Ar- Raudhah Sekumpul, hingga syair Syekh Samman. KH Muaz Hamid memimpin zikir dan ditutup dengan doa. 

Jemaah mengikuti haul tampak khusyuk. Peringatan haul berlangsung cukup singkat seperti rangkaian Haul Abah Guru Sekumpul; tidak ada sambutan maupun pembacaan manakib atau tausiyah agama.

Untuk diketahui, semasa hidup almarhum Guru Supian Noor yang kerap disapa Guru Supian, adalah salah seorang ulama berpengaruh dan jadi panutan warga Martapura.

Guru Supian mengisi majelis taklim rutinan di Langgar Darul Aman, Keraton Martapura. Pengajian rutin mingguan itu berlangsung tiap Senin malam selepas salat magrib.

Selain itu, Guru Supian juga sebagai pengajar aktif di Pondok Pesantren Darussalam Martapura.

Menjelang akhir hayat, Guru Supian mulai sakit - sakitan namun beliau tetap mengajar hingga akhirnya berpulang ke rahmatullah pada Jumat dini hari 26 Nopember 2010 silam.

Baca Juga: Haul Datu Bagul, Wabup Sebut Kabupaten Banjar Gudangnya Para Wali

Editor


Komentar
Banner
Banner