Tak Berkategori

Ribuan Jemaah Hadiri Haul Syekh Samman Al Madani di Kandangan

apahabar.com, KANDANGAN – Puluhan ribu jemaah dari berbagai penjuru Hulu Sungai Selatan (HSS) menghadiri haul Qutbul…

Featured-Image
Wabup HSS Syamsuri Arsyad saat turut menghadiri Haul Syekh Samman Al-Madani. Foto-Kominfo for apahabar.com

bakabar.com, KANDANGAN – Puluhan ribu jemaah dari berbagai penjuru Hulu Sungai Selatan (HSS) menghadiri haul Qutbul Akhwan Al-Arif Billah Al Habib Muhammad Bin Abdul Karim As-Seman Al-Madani atau yang lebih dikenal Syekh Samman Al Madani di Masjid Ar Raudhah Jalan Al Falah Kandangan, Sabtu (03/08).

Acara dimulai dengan pembacaan syair maulid dan Alquran yang dilantunkan oleh Ustaz Asal dari Mekkah dilanjutkan dengan pembacaan Manaqib Syekh Semman Al Madani oleh Tuan Guru KH Ahmad Syairaji pengasuh Ponpes Dalam Pagar Kandangan dan juga Pimpinan Majelis Raudhatul Ghanna Annabawiyyah, tausiyah disampaikan oleh Dr Al Habib Basim bin Ahmad Al Atthos dari Mekkah yang juga dosen Universitas Ummul Qurro’ Mekkah.

Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad yang membacakan sambutan Bupati HSS H Achmad Fikry menyampaikan kegiatan ini merupakan bentuk kecintaan terhadap para ulama pendahulu. Untuk itu peringatan semacam ini agar terus di pertahankan dan ditingkatkan.Serta hal yang lebih penting dalam mengingat kecintaan terhadap para wali Allah akan dapat menjadi rem pengendali dalam hidup.

"Kita akan memiliki teladan dalam berakhlak. Selain tentu saja teladan kita yang mulia nabi kita Muhammad SAW," tuturnya.

Selain itu juga bahwa peringatan haul ini dapat memberi pelajaran tentang bagaimana kemuliaan para wali Allah SWT, untuk itu kegiatan ini diharapkan tidak hanya sebagai rutinitas semata, namun hendaknya dapat mencontoh dan menerapkannya dalam kehidupan kita sehari-hari.

Seperti diketahui, Syekh Samman Al Madani merupakan guru Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjary atau Datu Kalampayan. Syekh Samman wafat pada Rabu 2 Dzulhijjah 1189 H, dan dimakamkan di pemakaman Baqi' bersandingan dengan maqam para istri Rasulullah SAW.

Kemasyhuran Syekh Samman Al Madani di masyarakat Banjar sudah berlangsung lama, karena hubungan emosionalnya dengan Syekh Muhammad Arsyad al-Banjary yang mempunyai karomah.

Selain Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, turut hadir forkopimda Kabupaten HSS serta para habaib dan para Tuan Guru Alim ulama di Kabupaten HSS.

Baca Juga: SMPN 1 Kandangan Wakili Kalsel di Lomba Sekolah Sehat Nasional

Baca Juga:Fikry Berharap Mindset Pelajar HSS Berperilaku Hidup Sehat dapat Menular

Baca Juga: Pemkab HSS Bantah RSUD Daha Sejahtera Turun Kelas

Baca Juga: Pemkab dan Hipmi HSS Siap Bergandengan Tangan Bangun Daerah

Reporter: Simah
Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner