Banjarmasin Hits

Ribuan Jemaah Hadiri Haul Habib Basirih

Ribuan jamaah menghadiri Haul Akbar Habib Hamid bin Abbas Bahasyim atau yang lebih dikenal Habib Basirih ke-77.

Featured-Image
Ribuan jemaah mengikuti gelaran haul Habib Hamid bin Abbas Bahasyim. Foto: apahabar.com/Riyad.

bakabar.com, BANJARMASIN - Ribuan jamaah menghadiri Haul Akbar Habib Hamid bin Abbas Bahasyim atau yang lebih dikenal Habib Basirih ke-77, Sabtu (2/12).

Haul Habib Basirih berlangsung khidmat di kawasan makam ulama kharismatik itu, Jalan Keramat Basirih RT 13, Kelurahan Basirih, Banjarmasin Barat.

Pantauan media ini, jamaah telah memadati lokasi haul, dari Jalan Gubernur Soebardjo sampai ke area makam, sejak pagi atau pukul 08.30 Wita.

Untuk mendatangi lokasi haul, jamaah tidak hanya melalui jalur darat. Juga melalui jalur sungai menggunakan klotok bermesin.

Di sana, mereka khusyuk mendengarkan dengan khidmat prosesi haul akbar. Diawali dengan pembacaan alunan syair-syair Maulid Alhabsyi, ayat suci Alquran, hingga tausyiah dan pembacaan manaqib Habib Basirih oleh Habib Ali Al-Idrus Bahasiim.

Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ceramah atau Tausiah dari Al Habib Malik Yahya Assegaf ( Baidha Yaman Utara ) dan Al Habib Abubakar Bin Abdul Qodir Mauladdawilah (Malang) Jawa Timur. 

Haul tersebut juga terpantau dihadiri para alim ulama, habib, tokoh masyarakat dan agama asal Kalimantan Selatan serta Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina.

Satu di antara ribuan Jamaah yang hadir, Ahmad Rijani (35) asal Kabupaten Balangan mengaku datang ke haul hampir setiap tahun.

Ia berangkat dari Balangan dari pukul 23.00 Wita menggunakan mobil bak terbuka atau pick up hingga tiba ke kawasan haul sekitar pukul 5.00 Wita. “Kami rombongan sekitar 15 orang, satu kampung,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Ahmad itu mengaku mengetahui adanya haul akbar dari sosial media dan kemudian merencanakan dari jauh - jauh hari untuk berhadir.

Menurutnya, haul ke-77 Habib Basirih tahun 2023 ini jamaahnya lebih banyak jika dibanding dengan tahun lalu.

“Kalau tahun kemarin di luar tidak macet, tahun ini sedikit macet jadi saya rasa tahun ini jamaah yang datang lebih banyak,” imbuhnya.

Ditambah, jumlah kantong parkir yang disediakan panitia lebih banyak hingga ke jalan Gubernur Soebardjo Banjarmasin.

Di samping itu, dalam acara haul juga dilakukan doa bersama untuk warga Palestina yang saat ini sedang dalam penjajahan sebagai penutup kegiatan. 

Editor
Komentar
Banner
Banner