Pemkab Tanah Laut

Resmikan RTP Pasar Lawas, Bupati Tala Impikan Wisata Kota Tua Pelaihari

apahabar com, PELAIHARI – Ruang Terbuka Publik (RTP) di kawasan Pasar Lawas Pelaihari akhirnya rampung. RTP…

Featured-Image
Bupati Tala Sukamta potong pita tanda diresmikannya RTP Pasar Lawas atau kawasan 0 Kilometer Pelaihari, Rabu (2/2). Foto-apahabar.com/Istimewa

apahabar com, PELAIHARI – Ruang Terbuka Publik (RTP) di kawasan Pasar Lawas Pelaihari akhirnya rampung.

RTP yang kini disebut juga kawasan 0 Kilometer itu telah diresmikan Bupati Tanah Laut (Tala), Sukamta, Rabu (2/2).

Dengan demikian RTP ini dapat digunakan seluruh masyarakat sebagai sarana rekreasi dan wisata kuliner.

"Hari ini kita resmikan RTP Pasar Lawas sebagai langkah melakukan penataan kota. Insyaallah ini bisa menambah keindahan kota Pelaihari dan menjadi pusat kuliner kita,” kata Sukamta usai pemotongan pita tanda peresmian.

Menurut Sukamta, RTP Pasar Lawas merupakan tempat yang strategis dan multifungsi, juga bisa digunakan sebagai tempat berdiskusi dan pengembangan seni budaya.

“Sehingga kita berharap dapat memberikan nilai tambah pendapatan bagi rakyat kita yang berjualan di area ini,” katanya.

Sukamta juga mengungkapkan keinginannya agar perumahan tua yang masih memiliki keaslian bangunan di area sekitar RTP Pasar Lawas ini tetap dipertahankan.

Dengan harapan kata dia, agar kedepannya bisa dimanfaatkan sebagai wisata kota tua di Pelaihari.

"Kedepannya bisa menjadi wisata untuk memperkenalkan kepada generasi selanjutnya bagaimana gambaran Pelaihari zaman dahulu," pungkas Sukamta.

Para pedagang di sana juga diingatkan untuk terus menjaga dan memperhatikan kebersihan pada area RTP ini, agar membuat para pengunjung semakin nyaman.

Salah seorang pedagang yang menempati stand pada pusat jajanan serba ada (pujasera) di sana, mengungkapkan rasa syukurnya.

Setelah bisa berjualan di area RTP Pasar Lawas Pelaihari, ia berharap adanya penataan ini makin membuat pengunjung ramai singgah di area ini.

"Alhamdulillah, kami bersyukur bisa dibangunkan tempat berjualan seperti ini dan kemarin saat mau menempati tidak mengeluarkan biaya apapun,” ujarnya.

“Mudah-mudahan usaha kami disini makin ramai dan berkah untuk semua pedagang disini," kata Nur Latifah.

Terdapat 37 total stand yang berdiri di RTP Pasar Lawas Pelaihari. Pada kesempatan ini pula Bupati Tala bersama Unsur Forkopimda dan Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemkab Tala meninjau langsung stand di pujasera yang berdiri di area RTP Pasar Lawas.



Komentar
Banner
Banner