Sport

Renovasi Besar-besaran Stadion 17 Mei Banjarmasin, Apa Kabarnya Kini?

Proyek pengerjaan Stadion 17 Mei yang terletak di Jalan Zafri Zam Zam, Kecamatan Banjarmasin Tengah ini menelan milirian rupiah dana APBD Kalsel.

Featured-Image
Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Kalsel, Ryan Tirta Nugraha. Foto-apahabar.com/Hasan.

bakabar.com, BANJARBARU - Apa kabar renovasi Stadion 17 Mei Banjarmasin? Proyek pengerjaan stadion yang terletak di Jalan Zafri Zam Zam, Kecamatan Banjarmasin Tengah ini ini menelan milirian rupiah dana APBD Kalsel.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel mengungkapkan renovasi Stadion 17 Mei Banjarmasin bakal berlangsung hingga 2023 dengan harapan sudah bisa difungsikan. Saat ini telah rampung pembangunan tribun utama.

Tahun ini 2022 merupakan tahap ketiga renovasi besar-besaran Stadion 17 Mei Banjarmasin. Namun untuk tribun terbuka pembangunannya baru dilanjutkan lagi 2023.

"Tahun ini tahap tiga renovasi stadion 17 Mei Banjarmasin telah selesai tepat waktu," kata Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Kalsel, Ryan Tirta Nugraha kepada bakabar.com, Kamis (29/12/2022).

Untuk tahun 2022, renovasi Stadion 17 Mei Banjarmasin yang sempat dikerjakan melalui mata anggaran Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel itu, meliputi struktur bangunan tribun dan penutup atap, pondasi tribun terbuka utara dan selatan dengan anggaran Rp19 miliar.

Baca Juga: Terkendala Lintasan Lari, Stadion 17 Mei Banjarmasin Sulit Adopsi Standar FIFA

Adapun 2023 mendatang, renovasi Stadion 17 Mei Banjarmasin meliputi pembangunan tribun timur (tribun Inggris) dengan penutup atap. Selain itu, finishing pengerjaan tribun utara-selatan yang sudah dilakukan di 2022 tanpa atap, namun dengan mengusung konsep modern.

Selain itu, tahun depan kata Ryan, renovasi Stadion 17 Mei akan dilanjutkan pembangunan kolong tribun yang difungsikan sebagai loket penjualan tiket. Untuk pengerjaan diserahkan kepada Dispora Kalsel lagi.

Setiap tahun lanjut Ryan, renovasi besar-besarn Stadion 17 Mei Banjarmasin terus dilanjutkan. "Tahun 2023 nanti, ditargetkan semua kontruksi bangunan tribun sudah selesai semua dengan total anggaran Rp20,9 miliar," ungkapnya.

Pengerjaan stadion yang mampu menampung sekitar 15 ribu tempat duduk ini sendiri dimulai sejak 2019 lalu, dan pada tahun pertama tribun utama atau VIP digarap oleh Dispora Kalsel.

Kemudian tahun berikutnya diserahkan ke Dinas PUPR Kalsel sampai dengan sekarang dan dilanjutkan pada tahun 2023. Setelah renovasi tribun rampung, maka akan dilanjutkan area di luar stadion.

“Jadi Area parkir dan pagar stadion belum direnovasi. Tahun 2024 mendatang fokusnya ke sana,” tandas Ryan.

Stadion 17 Mei Banjarmasin dibangun tahun 1974 silam. Telah direnovasi sebanyak tiga kali, yakni pada tahun 2007, 2010, dan 2013.

Pada tahun 2008, Stadion 17 Mei memiliki kapasitas 12.000 tempat duduk. Stadion ini mengalami perombakan pertama pada tahun 2007, saat Kota Banjarmasin ditunjuk menjadi tuan rumah POMNAS 2007.

Renovasi berikutnya 2010 dan 2013 dilakukan dengan penambahan kursi penonton hingga 15 ribu.

Baca Juga: Stadion Olahraga Banjarbaru Akan Dibangun Berstandar FIFA, Anggarannya Ratusan Miliar

Editor


Komentar
Banner
Banner