News

Rekapitulasi KPU Rampung: Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024

Hasil rekapitulasi keseluruhan menunjukkan kemenangan pasangan yang didukung Koalisi Indonesia maju itu.

Featured-Image
PASANGAN calon nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.(Foto: bisnis.com)

bakabar.com, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) baru saja merampungkan hasil rekapitulasi penghitungan suara 38 provinsi, Rabu (20/3/2024) malam. Pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memenangi Pilpres 2024.

Rekapitulasi suara terakhir adalah dari Provinsi Papua. Meskipun KPU belum menerbitkan keputusan pemenang pilpres, tetapi hasil rekapitulasi keseluruhan menunjukkan kemenangan pasangan yang didukung Koalisi Indonesia maju itu.


Berdasarkan data yang dihimpun, Prabowo-Gibran memperoleh 96.303.691 suara. Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar meraih 40.971.726 suara. Adapun Ganjar Pranowo dan Mahfud MD meraih 27.041.508.

Prabowo-Gibran menang di 36 dari 38 provinsi di Indonesia. Mereka juga unggul dalam pemungutan suara di luar negeri.

Dua provinsi lainnya dimenangkan oleh Anies-Muhaimin. Sementara itu, Ganjar-Mahfud tak menang di provinsi mana pun.

Sebagaimana dikutip dari cnnindonesia.com, KPU baru akan menetapkan pemenang Pilpres 2024 setelah istirahat buka puasa. Hasil itu yang akan menjadi rujukan penetapan pemenang Pilpres 2024.

Undang-Undang Pemilu memberi hak bagi pasangan calon yang kalah untuk menggugat hasil pilpres. Mereka punya waktu tiga hari untuk mendaftarkan gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) ke Mahkamah Konstitusi (MK).


Editor
Komentar
Banner
Banner