Bisnis

Realisasi Investasi di Kalsel Triwulan Pertama Capai Rp7 Triliun

Capaian realisasi investasi di Kalimantan Selatan pada triwulan pertama 2024 sudah mencapai Rp7,039 triliun.

Featured-Image
Capai Rp7 triliun di triwulan pertama, sektor pertambangan masih menjadi primadona investor di Kalsel. Foto: bakabar.com/Hasan

bakabar.com, BANJARBARU - Sepanjang triwulan pertama 2024, capaian realisasi investasi di Kalimantan Selatan sudah mencapai Rp7,039 triliun.

Dengan capaian tersebut, Kalsel berada di peringkat sebelas dalam capaian realisasi investasi di Indonesia.

Untuk Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), capaian yang dibukukan senilai Rp5,4 triliun. Tanah Bumbu menjadi penyumbang terbesar dengan Rp1,3 triliun, disusul Kotabaru Rp1,2 triliun dan Banjarmasin Rp799 miliar.

Adapun Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp1,6 triliun. Banjarmasin menjadi penyumbang terbanyak investasi dengan angka Rp953 miliar.

"Sektor pertambangan batu bara masih mendominasi realisasi investasi di Kalsel," jelas Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kalimantam Selatan, Endri, Senin (13/5).

Pertumbuhan ekonomi menjadi salah satu faktor memengaruhi kenaikan investasi Kalsel di triwulan pertama 2024.

Rangkaian Pemilu 2024 yang berjalan dengan kondusif juga ikut berpengaruh, selain pembangunan Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur.

Sementara secara nasional, Kalsel dibebankan target sebesar Rp19,2 triliun hingga akhir 2024, "Dengan melihat kondisi, kami yakin target akan tercapai," papar Endri.

Editor


Komentar
Banner
Banner