Hot Borneo

Ratusan PJU Jalan Trikora Banjarbaru Siap Dipasang

Ratusan penerangan jalan umum di Jalan Trikora Banjarbaru siap dipasang. Ditarget rampung selama tiga pekan.

Featured-Image
Sepanjang Jalan Trikora akan dipasang PJU oleh Dishub Kalsel dan Disperkim Banjarbaru. Foto-apahabar.com/Hasan

bakabar.com, BANJARBARU - Ratusan penerangan jalan umum di Jalan Trikora Banjarbaru siap dipasang. Ditarget rampung selama tiga pekan.

Pemasangan tersebut menjawab keluhan masyarakat selama ini lantaran minimnya penerangan Jalan Trikora Banjarbaru, sehingga berisiko terjadi kecelakaan lalu lintas dan tindak kriminal lainnya.

Pemasangan dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Kalimantan Selatan (Kalsel) bersama Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukim (Disperkim) Banjarbaru.

Kadishub Kalsel, Fitri Hernadi mengatakan, pihaknya berkordinasi dengan Disperkim Banjarbaru untuk menentukan titik-titik PJU tersebut.

"Hal ini untuk menghindari terjadinya tumpang tindih pemasangan," kata Fitri, Senin (23/1/2023).

Rencananya ada sekitar 125 PJU yang akan dipasang di Jalan Trikora itu dari pertigaan lampu merah Jalan Mistar Cokrokusumo hingga simpang empat Guntung Manggis.

Kemudian, 75 PJU dari Simpang Empat Guntung Manggis hingga Bundaran Palam. Selanjutnya dari bundaran Palam hingga pertigaan lampu merah Jalan Mistar Cokrokusumo, sebanyak 50 titik PJU.

Adapun dari perempatan Guntung Manggis ke arah LIK, Liang Anggang masih belum dilakukan pemasangan. "Karena takutnya ada pelebaran jalan dan soal aset nanti berat urusannya," ungkap Fitri.

Semestinya kata dia, pemasangan PJU ini sudah rampung dalam waktu tiga pekan ini. Namun belum terpasang lantaran diminta fokus menyukseskan Haul ke-18 Abah Guru Sekumpul di Kampung Keramat.

Disinggung kurangnya rambu-rambu di sepanjang Jalan Trikora, Fitri menuturkan, untuk tahun ini pihaknya belum bisa merealisasikan pemasangan ataupun penambahan rambu.

"Karena kalau dikasih lampu merah misalnya, maka jalan berubah dan harus pindah. Terlebih biayanya yang juga mahal," katanya.

Terpisah, Kabid Sarana dan Utilitas pada Disperkim Banjarbaru, Anwar Delmi mengatakan, anggaran pemasangan PJU sudah disiapkan.

"Anggaran sudah dialokasikan dan menjadi program yang dilaksanakan tahun 2023 sehingga pemasangan bisa dilakukan untuk menerangi sepanjang ruas Jalan Trikora," ujar Anwar.

Disperkim sendiri mengalokasikan anggaran Rp1,7 miliar untuk pemasangan sekitar 50 titik PJU sepanjang Jalan Trikora yang membentang melintasi tiga kecamatan di Banjarbaru.

Baca Juga: Paman Birin Dikukuhkan Jadi Ketua Umum KBB se-Dunia

Editor


Komentar
Banner
Banner